What's the differences between marketplace, online shop, and e-commerce


Saya iseng-iseng explore untuk adjust konsep-konsep di digital business yang sering kita bicarakan, namun saya kurang yakin terkait penjelasan yang benar, salah satunya terkait dengan marketplace, e-commerce dan toko online (online shop). Saya coba sarikan dari beberapa sumber kompas, shopee dan lainnya.

Marketplace adalah istilah yang sudah tak asing lagi bagi mereka yang terbiasa dalam jual beli online. Arti marketplace seringkali disamakan dengan toko online. Lalu apa itu marketplace? Dikutip dari laman Shopee, marketplace adalah platform di mana penjual berkumpul dan bisa menjual barang atau jasa ke pelanggan meski tanpa bertemu secara fisik. 

Perusahaan marketplace adalah menyediakan platform bertemunya penjual dan pembeli, di mana pembeli bisa melihat produk apa saja yang dijual, lalu perusahaan marketplace mengambil keuntungan melalui komisi dari setiap penjualan. 

Plaform dalam marketplace adalah bisa berbentuk website maupun aplikasi. Semua operasional marketplace, termasuk pengelolaan wabsite hingga metode pembayaran difasilitasi oleh perusahaan penyedia marketplace.

Konsep pada marketplace adalah sebenarnya kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Di mana pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual. Ini karena tugas perusahaan marketplace adalah hanya menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan pelanggan yang mencari produk dengan transaksi yang mudah dan cepat.

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan marketplace antara lain Shopee, Tokopedia, BliBli,  Lazada, dan Bukalapak.

Toko online merupakan website yang digunakan untuk menjual produk dari pemilik website. Jadi, produk yang dijual pun terbatas karena hanya dijual oleh satu penjual saja. Jadi tidak akan menemukan lebih dari satu toko online seperti di marketplace.

Sebuah brand atau seorang penjual memang membuat sebuah website khusus untuk menjual barang-barang yang mereka jual. Selain itu, semua transaksi juga dilakukan melalui website menggunakan shipping cart dan payment gateway. 

Beberapa perusahaan yang menyediakan toko online untuk penjualan produknya seperti Garuda Airline, Adidas, Levi's dan masih banyak lagi.

Dikutip dari Investopedia, perdagangan elektronik atau e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online). Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce. 

Definisi tersebut tidak berbeda wikipedia, e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Itu sebabnya, kemajuan teknologi perdagangan elektronik ini dianggap sebagai disrupsi ekonomi. Sarana ecommerce sendiri sangat beragam dari mulai televisi, telepon, dan internet. Sederhananya, e-commerce adalah penyebaran, penjualan, pembelian, serta pemasaran barang atau jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, TV, atau jaringan teknologi lainnya. Selain itu yang juga tengah jadi tren, contoh e-commerce adalah penggunaan media sosial. 

Dengan kata lain, marketplace adalah bagian dari ecommerce.

Comments