Metranet acquires 30.4% stake of Europe-based multinational mobile wallet provider Cellum Global


Hari Selasa lalu bertempat di Budapest Hungary, Telkom melalui anak perusahaannya yaitu Metranet melakukan akuisisi saham perusahan fintech Eropa yaitu Cellum Global. Ini adalah untuk yang kedua kalinya Metranet melakukan Corporate Action setelah pada tahun 2016 mengakuisisi 52% saham PT Melon Indonesia dari SK Planet Korea Selatan.

Telkom melalui Metranet melakukan pembelian dalam dua tahap. Tahap pertama menyuntikan dana sebesar 4 juta USD untuk kepemilikan 20.4% yang ditandai dengan penandatangan penandatanganan perjanjian bersyarat oleh CEO Metranet Pak Widi Nugroho dengan CEO Cellum Jànos Kóka serta para pemegang saham eksisting Cellum (CGI, Cellum BV, dan OTP KTA) yang disaksikan oleh SVP Media & Digital Business Telkom Pak Joddy Hernady.

Sedangkan tahap kedua rencananya akan dilakukan tahun ini juga sebesar 2 juta USD untuk tambahan kepemilikan 10%, sehingga total kepemilikan Metranet atas saham Cellum Global sebesar 30.4%.

Penandatngan SSA - Share Subscription Agreement

Cellum Global Zrt. (Cellum) adalah perusahaan pembayaran multi nasional yang berbasis di Eropa tepatnya Hungaria yang mendukung penyedia layanan perbankan, operator mobile, kartu pembayaran, dan penyedia layanan lainnya untuk menyediakan layanan-layanan m-commerce termasuk pembayaran, kupon dan skema loyalty sebagai langkah baru untuk berhubungan dengan pelanggan. Solusi-solusi Cellum membuat transaksi menggunakan telepon pintar lebih mudah dan aman, serta menjangkau seluruh area m-commerce.

Didirikan sejak tahun 2000, Cellum memulai ekspansi internasional sejak tahun 2011. Cellum mendirikan sejumlah anak perusahaan di pasar Eropa, Amerika Utara dan Asia. Cellum telah menjalin kemitraan strategis dengan beberapa perusahaan besar dunia, diantaranya IBM, Mastercard, Telenor, T-Mobile, dan Evercoss.

Tim Baker McKenzie - Metranet - Telkom - Cellum 

Saat ini sistem yang dioperasikan oleh Cellum mengelola hampir 20 juta transaksi mobile per tahun. Cellum telah mendapatkan sertifikat PCI DSS 3.2 Level 1 Compliant, menjadikan Cellum sebagai penyedia layanan pembayaran mobile yang pertama di Eropa Tengah atau Eropa Timur yang mengadopsi standar keamanan global. Kebijakan keamanan Cellum telah membantu perusahaan menjaga 0% fraud rate selama lebih dari 17 tahun.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa dalam melakukan transformasi menjadi Digital Company, Telkom membagi dalam lima area yang disebut CFU (Customer Facing Unit), yaitu CFU Mobile, CFU Digital Services, CFU Consumer, CFU Enterprise dan CFU Wholesales and International Business.

Metranet adalah kendaraan bisnis Telkom untuk CFU Digital Services. Metranet Holding sendiri fokus pada lima Vertical Business yaitu Digital Content, Commerce, Big Data & Analytics, Digital Advertising dan Financial Service. Langkah akuisisi saham Cellum Global yang diambil oleh Metranet adalah untuk memperkuat bisnis Financial Services.


Comments