Ant Group will present AliPay+ to enter the Indonesian market

Mengetahui bahwa Ant Group akan membawa solusi platform payment AliPay+ ke Indonesia, saya teringat kembali sewaktu belajar di Alibaba Business School di Hangzhou China 5 tahun silam ketika belajar AliPay dengan QR Code untuk merchant-nya, saat itu QRIS baru mulai inisiasi di Indonesia.

Ant Group menyatakan keinginannya untuk membawa solusi pembayaran Alipay+ ke Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Executive Officer Ant International, Senior Vice President Ant Group Yang Peng pada saat kunjungan ke kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (19/4/2024).

Ant International sangat aktif berdiskusi dengan mitra lokal di Indonesia yaitu Bank Mandiri dan Dana. Dari sisi regulasi mereka juga melakukan pendekatan ke pihak terkait seperti Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Merchant AliPay di Luojiazhuang Wet Market - Hangzhou tahun 2019

Alipay+ adalah solusi pembayaran dan pemasaran lintas batas (cross-border) yang dirancang oleh Ant Group (pemilik Alipay). Kegunaan utama dari AliPay+ adalah

  1. Memudahkan Pembayaran bagi Wisatawan: Alipay+ memungkinkan wisatawan yang menggunakan e-wallet lokal mereka untuk membayar di merchant (toko, restoran, dll.) di luar negeri dengan mudah. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menukar uang tunai atau menggunakan kartu kredit yang mungkin memiliki biaya asing.
  2. Membantu Bisnis Menjangkau Konsumen Global: Merchant yang mengadopsi Alipay+ bisa menarik pelanggan dari berbagai e-wallet dan metode pembayaran yang populer di Asia dan wilayah lain. Ini memperluas basis pelanggan potensial mereka.

Alipay+ bertindak sebagai jembatan antara berbagai e-wallet dan jaringan pembayaran. Ia mengintegrasikan dengan mulus ke dalam sistem merchant yang ada, memungkinkan mereka menerima pembayaran dari beragam sumber.

Beberapa e-wallet populer yang didukung oleh Alipay+  termasuk:

  • Asia Tenggara: Touch 'n Go eWallet (Malaysia), GCash (Filipina), TrueMoney (Thailand), DANA (Indonesia)
  • Asia Timur: KakaoPay (Korea Selatan), AlipayHK (Hong Kong)
  • Lainnya: Razer Merchant Services (Global)

Adapun manfaat bagi bisnis:

  1. Pengalaman Berbelanja yang Lebih Baik: Menyediakan opsi pembayaran yang sudah dikenal bagi wisatawan meningkatkan pengalaman belanja mereka dan mendorong loyalitas pelanggan.
  2. Pemasaran yang Ditargetkan: Alipay+ menawarkan solusi pemasaran untuk membantu bisnis menjangkau audiens secara khusus di seluruh e-wallet mitranya.
  3. Proses Penyelesaian Transaksi yang Lebih Cepat: Alipay+ mempercepat penyelesaian pembayaran untuk bisnis.

Saat ini Alipay+ sudah ada di 56 negara tujuan, dan cakupan pedagang atau merchant yang menggunakannya sudah mencapai 19 juta. Diharapkan dengan masuknya AliPay+ di Indonesia, dapat lebih memajukan perekonomian lokal khususnya bagi UKM Indonesia.

Comments