Mengenal Bytedance Pemilik Saham Pengendali Tokopedia

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa Bytedance, perusahaan induk TikTok, resmi menjadi pemegang saham pengendali Tokopedia sejak 1 Februari 2024. Bytedance mengakuisisi 75% saham Tokopedia senilai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,38 triliun.

ByteDance didirikan pada tahun 2012 oleh Zhang Yiming, seorang pengusaha internet Tiongkok. Sebelumnya, Zhang Yiming bekerja di sebuah perusahaan real estate dan kemudian mendirikan sebuah perusahaan startup bernama 99fang. 99fang adalah platform pencarian properti yang tidak terlalu sukses.

Pada tahun 2012, Zhang Yiming meluncurkan Toutiao, sebuah aplikasi agregator berita. Toutiao menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk merekomendasikan artikel kepada pengguna berdasarkan minat mereka. Toutiao dengan cepat menjadi populer di Tiongkok dan memiliki lebih dari 120 juta pengguna aktif harian.

Pada tahun 2017, ByteDance meluncurkan TikTok, sebuah platform video pendek. TikTok dengan cepat menjadi populer di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. ByteDance juga meluncurkan beberapa aplikasi lain, seperti Douyin, Vigo Video, dan LingoDeer.

Comments