Marketshare Marketplace ECommerce di Indonesia 2023 Dikuasai 2 Pemain Besar

Seperti yang sudah saya prediksi sebelumnya bahwa aplikasi Shopee dan Tokopedia akan menjadi market place yang terbesar di Indonesia. Why? karena mereka menguasai ekosistem yang lengkap mulai website atau aplikasi sebagai tempat berkumpulnya calon customer (traffic), pembayaran (payment) dan pengiriman (Logistic).

Berdasarkan data di SimilarWeb, akhir tahun 2023 Shopee kembali menjadi marketplace dengan market share terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 36% bersaing ketat dengan Tokopedia di tempat kedua dengan market share sebesar 35%. Lazada berada di posisi ketiga dengan market share sebesar 14%. Blibli menempati posisi keempat dengan market share sebesar 6%, sedangkan Bukalapak berada di posisi kelima dengan market share sebesar 4%.

Shopee dan Tokopedia masih menjadi dua marketplace terkuat di Indonesia. Keduanya juga terus berinovasi dan menawarkan berbagai fitur menarik untuk menarik pembeli dan penjual. Lazada juga terus berupaya meningkatkan market share-nya dengan berbagai promosi dan program menarik. Blibli dan Bukalapak juga terus berbenah untuk meningkatkan daya saingnya.

Market share marketplace e-commerce di Indonesia tahun 2023 berdasarkan data SimilarWeb 

Berikut adalah beberapa faktor untuk meningkatkan trafik dan tentunya persaingan bisnis marketplace e-commerce di Indonesia:

  1. Brand awareness
  2. Kualitas produk dan layanan
  3. Promosi dan program menarik
  4. Fitur dan kemudahan penggunaan
  5. Kebijakan dan regulasi pemerintah

Dengan semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia, persaingan antar marketplace juga semakin ketat. Para marketplace harus terus berinovasi dan menawarkan berbagai keunggulan untuk mempertahankan dan meningkatkan market share-nya.

Comments