IndiHome will be integrated to Telkomsel - To provide Fixed Mobile Convergence Service

Telkom barusan me-release Info Memo Q1 2023 pada tanggal 29 April 2023 di website-nya. Salah satu hal menarik adalah dengan akan dilakukan integrasi IndiHome ke Telkomsel. Ini tentunya langkah yang sangat strategis bagi Telkom.

Pada 6 April 2023, Telkom dan Telkomsel telah menandatangani Conditional Spin-off Agreement (CSA) untuk memisahkan dan mengintegrasikan IndiHome ke dalam Telkomsel dengan nilai transaksi Rp58,3 triliun. Penandatanganan CSA merupakan langkah penting untuk memberikan lebih banyak pilihan, pengalaman broadband yang lebih baik dan mewujudkan inklusi digital di Indonesia.

Akibatnya, akan terjadi peningkatan saham Telkom di Telkomsel, yang terdiri dari Telkom 70,4% dan Singtel 29,6% setelah penyelesaian pemisahan secara hukum. Pada saat integrasi, Singtel telah setuju untuk menggunakan hak memesan efek terlebih dahulu untuk membeli lagi 0,5 persentase poin saham di entitas yang diperbesar ini dengan memesan saham utama baru Telkomsel pascaintegrasi, seharga Rp 2,7 triliun secara tunai. Hal ini akan menyebabkan saham Singtel menjadi 30,1% dan saham Telkom menjadi 69,9% di Telkomsel.

Layanan IndiHome akan semakin memperkuat posisi Telkomsel di industri telekomunikasi dan digital di Indonesia sekaligus membuktikan komitmen untuk memajukan dan memperluas portofolio bisnis Telkom, khususnya di layanan Fixed Mobile Convergence. Telkomsel berkomitmen untuk bergerak melampaui harapan dengan menyediakan produk dan layanan mutakhir kepada pelanggannya dan secara konsisten mengembangkan berbagai layanan inovatif terintegrasi yang dapat mempercepat akses digital yang berkelanjutan dan inklusif.

CSA diharapkan selesai pada awal kuartal ketiga tahun 2023 dengan syarat-syarat tertentu terpenuhi, termasuk persetujuan dari pemegang saham Telkom.

Sebagai bagian dari Rencana Spin-Off ini, Telkom dan Telkomsel telah menandatangani beberapa perjanjian terkait lainnya, yaitu Perjanjian Wholesale tentang penyediaan infrastruktur, TSA 1 tentang penyediaan layanan fixed broadband core dan TSA 2 tentang penyediaan layanan sistem TI.

Comments

Post a Comment