Google segera release Chatbot AI bernama "Bard" merespon kolaborasi Microsoft Bing dengan ChatGPT

Seperti tulisan saya sebelumnya Strategi Microsoft untuk Mengalahkan Google Search,  bahwa Microsoft akan menanamkan ChatGPT ke search engine Bing, hal ini direspon sangat serius oleh Top Managment Google. 

Seperti kita ketahui, platform Chat GPT merupakan sistem chatbot besutan perusahaan kecerdasan buatan asal Amerika Serikat, Open AI itu memiliki kemampuan yang mengagumkan. ChatGPT dapat memberikan informasi ke pengguna dengan bahasa yang sangat natural, mirip saat sedang bertukar pesan dengan manusia.

Microsoft sedang mempersiapkan peluncuran mesin pencari Bing yang didukung oleh kecerdasan buatan yang memotori ChatGPT milik OpenAI. Bing versi baru ini bisa menjadi saingan berat yang mampu mendobrak dominasi Google.

Reuters, mengutip The Information, menyatakan bahwa Microsoft berencana meluncurkan Bing versi terbaru pada Maret 2023. Micorosft berharap agar kolaborasinya dengan OpenAi bisa mengubah industri mesin pencarian dan iklan digital yang saat ini dikuasai oleh Alphabet, induk usaha Google.

Tampaknya ini menjadi suatu peringatan bagi Google. Seorang eksekutif Google yang berbicara dengan Times mengatakan chatbot AI seperti ChatGPT dapat menjungkirbalikkan bisnis raksasa pencarian seperti mereka.

Apalagi Google sangat bergantung pada iklan dan e-commerce yang ditemukan di Google Search. Dalam memo dan rekaman audio yang diperoleh Times, publikasi tersebut mengatakan CEO Sundar Pichai telah mengadakan pertemuan untuk menentukan strategi AI Google.

Popularitas ChatGPT agaknya benar-benar bikin Google panik. Raksasa mesin pencari itu ngebut bikin tiruan ChatGPT sampai dua pendirinya harus turun gunung untuk mengembangkan teknologinya.

Google, Senin kemarin 6 Februari 2023, mengumumkan Chatbot berteknologi AI yang diberi nama "Bard" bertujuan untuk bersaing dengan ChatGPT.

Urgensi internal memanas karena Google menghadapi tekanan dari investor dan karyawan untuk bersaing dengan ChatGPT, chatbot dari OpenAI yang didukung Microsoft, yang mengejutkan publik saat diluncurkan akhir tahun lalu.

Comments