Sepuluh Tren Teknologi Tahun 2023


Selamat tahun baru, semoga tahun 2023 lebih baik dan semakin sukses. Seperti yang kita alami bersama, teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, memungkinkan perubahan dan kemajuan yang lebih cepat, menyebabkan percepatan laju perubahan. 

Namun, bukan hanya tren teknologi dan teknologi baru yang berkembang, lebih banyak lagi yang berubah tahun ini karena wabah COVID-19. Berikut secara singkat saya coba sarikan sepuluh trend teknologi tahun 2023 dari artikel di simplilearn.

  1. Smarter Devices.
    Kecerdasan buatan telah memainkan peran penting dalam membuat dunia kita lebih pintar dan lebih lancar. Ini bukan hanya mensimulasikan manusia tetapi berusaha lebih keras untuk membuat hidup kita bebas dari kerumitan dan lebih sederhana. Perangkat yang lebih cerdas ini akan tetap ada di tahun 2023 dan lebih jauh lagi, karena ilmuwan data sedang mengerjakan robot rumah AI, peralatan, perangkat kerja, perangkat yang dapat dikenakan, dan banyak lagi lainnya! Hampir setiap pekerjaan membutuhkan aplikasi perangkat lunak yang cerdas untuk membuat kehidupan kerja kita lebih mudah diatur.

  2. Datafication
    Datafikasi mengubah segala sesuatu dalam hidup kita menjadi perangkat atau perangkat lunak yang didukung oleh data. Singkatnya, Datafikasi adalah modifikasi tugas manusia dan tugas lainnya menjadi teknologi berbasis data. Dari ponsel cerdas, mesin industri, dan aplikasi kantor hingga peralatan bertenaga AI dan lainnya, data ada di dalamnya untuk bertahan lebih lama dari yang dapat kita ingat! Jadi, untuk menyimpan data kita dengan cara yang benar dan aman, itu telah menjadi spesialisasi dalam permintaan dalam ekonomi kita.

  3. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning
    Kecerdasan Buatan, atau AI, telah menerima banyak desas-desus dalam dekade terakhir, tetapi terus menjadi salah satu tren teknologi baru karena efeknya yang nyata pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain hanya pada tahap awal. AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi ride-sharing dan masih banyak lagi.
    Selain itu, AI akan digunakan lebih lanjut untuk menganalisis interaksi guna menentukan koneksi dan wawasan yang mendasarinya, untuk membantu memprediksi permintaan layanan seperti rumah sakit yang memungkinkan pihak berwenang membuat keputusan yang lebih baik tentang penggunaan sumber daya, dan untuk mendeteksi perubahan pola perilaku pelanggan dengan menganalisis data dalam waktu dekat. real-time, mendorong pendapatan, dan menyempurnakan pengalaman yang dipersonalisasi.

  4. Digital Trust
    Dengan orang-orang diakomodasi dan ketergantungan dengan perangkat dan teknologi, trust harus dibangun dan embeded pada teknologi digital. Digital trust adalah tren penting lainnya yang mengarah pada lebih banyak inovasi. Dengan digital trust, orang percaya bahwa teknologi dapat menciptakan dunia digital yang aman dan andal serta membantu perusahaan menemukan dan berinovasi tanpa khawatir mengamankan kepercayaan publik.

  5. New Energy Solutions
    Dunia telah sepakat untuk menjadi lebih hijau demi bentang alamnya dan energi yang kita gunakan. Ini menghasilkan mobil yang menggunakan listrik atau baterai dan rumah menggunakan pilihan yang lebih ramah lingkungan seperti tenaga surya dan energi terbarukan. Yang lebih baik lagi adalah orang-orang sadar akan jejak karbon dan limbah mereka; dengan demikian, meminimalkannya atau mengubahnya menjadi energi terbarukan akan lebih bermanfaat.

  6. Edge Computing
    Sebelumnya merupakan tren teknologi baru yang harus diperhatikan, komputasi awan telah menjadi arus utama, dengan pemain utama AWS (Amazon Web Services), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform mendominasi pasar. Adopsi cloud computing masih berkembang, karena semakin banyak bisnis yang bermigrasi ke solusi cloud. Tapi itu bukan lagi tren teknologi yang sedang berkembang. 
    Karena jumlah organisasi data yang terus meningkat, mereka telah menyadari kekurangan komputasi awan dalam beberapa situasi. Komputasi tepi dirancang untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah tersebut sebagai cara untuk melewati latensi yang disebabkan oleh komputasi awan dan membawa data ke pusat data untuk diproses. Itu bisa ada "edge", jika Anda mau, lebih dekat ke tempat komputasi perlu dilakukan. Untuk alasan ini, edge computing dapat digunakan untuk memproses data sensitif waktu di lokasi terpencil dengan konektivitas terbatas atau tanpa konektivitas ke lokasi terpusat. Dalam situasi tersebut, edge computing dapat bertindak seperti pusat data mini.
    Edge computing akan meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat Internet of Thilockchain, ngs (IoT). Pada tahun 2023, pasar edge computing global diperkirakan akan mencapai $6,72 miliar. Dan tren teknologi baru ini hanya dimaksudkan untuk tumbuh dan tidak kurang, menciptakan berbagai pekerjaan, terutama untuk insinyur perangkat lunak.

  7. Blockchain
    Meskipun kebanyakan orang memikirkan teknologi blockchain dalam kaitannya dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya. Dalam istilah yang paling sederhana, blockchain dapat digambarkan sebagai data yang hanya dapat Anda tambahkan, tidak diambil, atau diubah. Karenanya istilah "chain" karena Anda membuat rantai data. Tidak dapat mengubah blok sebelumnya yang membuatnya sangat aman. Selain itu, blockchain digerakkan oleh konsensus, jadi tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan data. Dengan blockchain, Anda tidak memerlukan pihak ketiga tepercaya untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi.

  8. Internet of Things (IoT)
    Tren teknologi baru lainnya yang menjanjikan adalah IoT. Banyak "benda" sekarang sedang dibangun dengan konektivitas WiFi, artinya benda tersebut dapat dihubungkan ke Internet—dan satu sama lain. Oleh karena itu, Internet of Things, atau IoT. Internet of Things adalah masa depan, dan telah memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, mobil, dan banyak lagi untuk terhubung dan bertukar data melalui Internet.
    Sebagai konsumen, kami sudah menggunakan dan mendapat manfaat dari IoT. Kami dapat mengunci pintu kami dari jarak jauh jika kami lupa ketika kami berangkat kerja dan memanaskan oven kami dalam perjalanan pulang kerja, sambil melacak kebugaran kami di Fitbits kami. Namun, bisnis juga memiliki banyak keuntungan sekarang dan dalam waktu dekat. IoT dapat memungkinkan keamanan, efisiensi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk bisnis saat data dikumpulkan dan dianalisis. Ini dapat mengaktifkan pemeliharaan prediktif, mempercepat perawatan medis, meningkatkan layanan pelanggan, dan menawarkan manfaat yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.
    Dan kita baru berada di tahap awal dari tren teknologi baru ini: Prakiraan menunjukkan bahwa pada tahun 2030 sekitar 50 miliar perangkat IoT ini akan digunakan di seluruh dunia, menciptakan jaringan besar perangkat yang saling terhubung, mulai dari smartphone hingga peralatan dapur. Pengeluaran global untuk Internet of Things (IoT) diperkirakan akan mencapai 1,1 triliun dolar AS pada tahun 2023. Teknologi baru seperti 5G diperkirakan akan mendorong pertumbuhan pasar di tahun-tahun mendatang.

  9. 5G
    Tren teknologi berikutnya yang mengikuti IoT adalah 5G. Di mana teknologi 3G dan 4G memungkinkan kita untuk menjelajahi internet, menggunakan layanan berbasis data, meningkatkan bandwidth untuk streaming di Spotify atau YouTube, dan banyak lagi, layanan 5G diharapkan merevolusi hidup kita. dengan mengaktifkan layanan yang mengandalkan teknologi canggih seperti AR dan VR, bersama dengan layanan game berbasis cloud seperti Google Stadia, NVidia GeForce Now, dan banyak lagi. Diharapkan dapat digunakan di pabrik, kamera HD yang membantu meningkatkan keselamatan dan manajemen lalu lintas, kontrol jaringan cerdas, dan ritel cerdas juga.

  10. Cyber Security
    Keamanan dunia maya mungkin tidak tampak seperti teknologi yang baru muncul, karena sudah ada sejak lama, tetapi berkembang seperti halnya teknologi lainnya. Itu sebagian karena ancaman selalu baru. Peretas jahat yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat, dan mereka akan terus menemukan cara untuk melewati langkah keamanan yang paling sulit sekalipun. Ini juga sebagian karena teknologi baru diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama kita memiliki peretas, keamanan siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan dari para peretas tersebut.
    Sebagai bukti kuatnya kebutuhan akan profesional keamanan siber, jumlah pekerjaan keamanan siber tumbuh tiga kali lebih cepat daripada pekerjaan teknologi lainnya. Menurut Gartner, pada tahun 2025, 60% organisasi akan menggunakan risiko keamanan siber sebagai penentu utama dalam melakukan transaksi pihak ketiga dan keterlibatan bisnis.
Itulah sepuluh tren teknologi tahun 2023 dan mungkin juga tetap akan berlanjut ditahun kedepannya. Teknologi tersebut akan mentransformasikan gaya hidup kita sehari-hari maupun di dunia bisnis.

Comments