Inilah Penyebab Amazon PHK 18 ribu Karyawan


PHK besar-besaran terjadi di Amazon, seperti disampaikan oleh CEO-nya Andy Jassy dalam memonya kepada karyawan. PHK ini akan menargetkan sebagian besar karyawan di divisi Amazon Store serta People, Experience, dan Technology, seperti dikutip dari The Verge.

Namun demikian Manajemen Amazon berkomitmen untuk memberikamn dukungan pada mereka yang terkena dampak dan menyediakan paket yang mencakup pembayaran pemisahan, tunjangan asuransi kesehatan transisi, dan dukungan penempatan kerja eksternal.

Amazon saat ini memiliki sekitar 1,5 juta karyawan, termasuk yang bekerja di gudang dan korporat. Perusahaan besutan Jeff Bezos itu merupakan perusahaan penyedia pekerjaan terbesar kedua di AS setelah raksasa ritel Walmart.

Amazon merupakan salah satu perusahaan yang merasakan efek positif terbesar dari pandemi COVID-19, di mana banyak pelanggan berbondong-bondong belanja online. Untuk memenuhi permintaan yang membeludak, Amazon menggandakan jaringan logistiknya dan merekrut ratusan ribu karyawan.

Namun awal tahun ini, pertumbuhan Amazon melambat ke tingkat terendah dalam dua dekade, karena pandemi mereda. Perusahaan menghadapi biaya tinggi dari keputusan untuk berinvestasi berlebihan dan berkembang pesat, sementara perubahan dalam kebiasaan berbelanja dan inflasi yang tinggi merusak penjualan.

Comments