Development stages towards a digital business


Saya baru baca buku "Digital Business Leadership - Digital Transformation, Business Model Innovation, Agile Organization, Change Management" yang ditulis oleh Prof. Dr. Ralf T. Kreutzer, Tim Neugebauer dan Prof. Dr. Annette Pattloch.

Dalam salah satu bab-nya dibahas terkait tahapan pengembangan menuju bisnis digital, yang ide awalnya di tulis oleh Gartner, yang membagi menjadi 5 tahapan yaitu analog business models, web-based applications, e-business, digital marketing dan digital business.

Model bisnis analog (analog business models) selama ini tidak menggunakan aplikasi berbasis web (Gartner 2014). Model bisnis seperti itu saat ini hampir secara eksklusif bertahan di pasar mingguan saja (off line market), walaupun keberadaan yang sesuai dan alasan mengapa hal itu layak dikunjungi harus dikomunikasikan melalui internet.


Development stages towards a digital business. Source: Based on Gartner (2014)

Aplikasi berbasis web (web-based applications) terutama menggunakan kemungkinan berkomunikasi melalui Internet, tanpa pengembangan lebih lanjut dari model bisnis. Ini hanya terjadi dalam konteks e-bisnis (e-business). Di sini, peluang yang menyediakan pengadaan dan penjualan melalui Internet dimanfaatkan secara menyeluruh.

Langkah menuju pemasaran digital selesai ketika digitalisasi berjalan melalui seluruh pemasaran dan pengalaman pelanggan online dan offline yang komprehensif tercipta. Idealnya, ini bukan lagi perbedaan antara online dan offline, tetapi dibicarakan "noline." Pasalnya, pengguna yang melalui stasioner retail sambil melakukan perbandingan harga dengan smartphone atau memeriksa ketersediaan produk di pesaing juga tidak lagi memisahkan perilakunya menjadi bagian online dan offline. 

Secara total, pemasaran membantu pengguna terlepas dari apakah itu seluler dan/atau di jejaring sosial. Pada saat yang sama, konsumen memiliki dampak yang lebih tinggi pada perusahaan dan merek mereka karena melalui media sosial mereka dapat berkomunikasi secara setara dengan perusahaan.

Langkah menuju bisnis digital selesai ketika digitalisasi berjalan melalui seluruh model bisnis dan tidak tetap fokus pada pemasaran saja. Di sini, konvergensi lebih lanjut dari orang, benda, dan proses sedang terjadi. Domain digitalisasi dapat ditemukan di sini yang, misalnya, terjadi dalam penetrasi rantai nilai tradisional oleh rantai nilai digital.

Comments