Bank Indonesia to Launch QRIS Cross Border

Bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Bank Indonesia meluncur Pra Resmi QRIS Cross Border, yang memungkinkan pengguna QRIS bisa melakukan transaksi antar negara. Untuk tahap awal dan sebagai pilot project, Bank Indonesia bekerjasama dengan Bank of Thailand (BOT). 

Dengan peluncuran tersebut, wisatawan baik yang berasal dari Indonesia maupun Thailand bisa langsung melakukan pemindaian terhadap QR code yang ada untuk melakukan pembayararan. 

Pilot dari QR cross border antara Indonesia dan Thailand ini mulai diberlakukan pada Agustus 2021. Dengan kerjasama ini, QRIS nantinya dapat dibaca dan ditransaksikan oleh penyedia jasa pembayaran (PJP) Thailand dan sebaliknya Thai QR payment dapat digunakan oleh PJP di Indonesia.

Peluncuran hari ini adalah fase percontohan proyek yang bertujuan untuk memastikan kelancaran interkoneksi dan membuka jalan bagi pelanggan, pedagang, dan operator untuk peluncuran komersial penuh tahun depan. 

Rencananya, fase komersial penuh akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022. Selama fase tersebut diharapkan lebih banyak bank atau non-bank yang berpartisipasi untuk bergabung. 

Di masa mendatang, layanan tersebut juga akan diperluas untuk memungkinkan pengguna di kedua negara melakukan transfer dana secara real-time dengan mudah dengan merujuk nomor ponsel penerima. 
 
Hasil signifikan yang diharapkan dari proyek pembayaran lintas batas pertama ini tidak hanya untuk memfasilitasi transaksi di sektor pariwisata tetapi juga untuk membantu UKM di kawasan wisata. Proyek ini dinilai juga akan meningkatkan inklusi keuangan, ekonomi digital inklusif, dan transaksi e-commerce. 

Pembayaran QR lintas batas ini akan menghasilkan alternatif pembayaran ritel yang lebih aman, efisien, dan hemat biaya bagi masyarakat umum. Selain itu, layanan ini akan membantu bisnis e-commerce selama masa-masa sulit ini dan meletakkan dasar bagi dimulainya kembali arus pariwisata dan bisnis yang diantisipasi.

Comments