Digital Entrepreneurship - New Opportunities and Challenges


Saya baru membaca buku igital Entrepreneurship karya Jonathan P. Allen yang saya beli melalui Amazon dengan format Kindle. Ini sangat related dengan seluk beluk bisnis saat ini di era digital. Saya coba sarikan secara garis besar isi buku tersebut.

Bayangkan bisa menjangkau ribuan, jutaan, atau milyaran pelanggan potensial, di mana saja di dunia hampir kapan saja, dengan teknologi yang sangat murah sehingga banyak perusahaan memberikannya secara gratis. 

Bayangkan bisa membuat produk dan layanan baru di perangkat pribadi, lalu mengirimkannya dengan jangkauan dan kecepatan global yang sama dengan perusahaan terbesar. 

Bayangkan dapat memilih dari berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan bagi bisnis Anda, mulai dari iklan dan langganan, hingga penjualan, atau bahkan donasi dan crowdfunding. Kedengarannya seperti dunia impian pengusaha.

Inilah yang disebut Digital Entrepreneurship (Kewirausahaan Digital), atau kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan, transformasi digital bisnis dan masyarakat. 

Banyak masalah mendasar kewirausahaan masih berlaku di dunia baru ini: menumbuhkan pola pikir kewirausahaan; mengidentifikasi peluang bagus; membangun tim yang hebat; mengetahui pelanggan Anda; memenuhi kewajiban hukum; dan meningkatkan modal, untuk menyebutkan beberapa saja. 
Namun setiap area ini diubah oleh dunia digital; terkadang secara halus, terkadang lebih mendasar. 

Dengan kewirausahaan digital, menarik adanya perubahan mendasar yang dibawa masyarakat digital yang sepenuhnya terhubung, selalu aktif ke semua aktivitas bisnis, terlepas dari terobosan teknologi baru tertentu.

Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para wirausahawan untuk memanfaatkan, mulai dari koleksi data terbuka, konten, kode, dan layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga kontribusi online pengguna dan komunitas di seluruh dunia. 

Dunia digital juga menyediakan cara baru untuk menggabungkan kembali sumber daya ini. Misalnya, situs bisnis kecil dapat memanfaatkan jaringan periklanan besar, chatbot berbasis AI, freelancer global, atau terjemahan bahasa hanya dengan beberapa klik atau beberapa baris kode.

Reducing Barriers to Entrepreneurship in the Digital Era
Kemampuan digital baru di ujung jari kita bisa tampak luar biasa. Kekuatan cloud, data besar, media sosial, teknologi seluler, dan kecerdasan buatan semuanya meningkat secara dramatis sementara biaya turun drastis. Perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan penyimpanan digital semuanya terus meningkatkan kemampuannya pada tingkat yang mendekati eksponensial.

Faster Entrepreneurship
Garis waktu tipikal untuk memulai bisnis lokal baru mungkin menyelesaikan ide bisnis di bulan pertama, kemudian mulai mengembangkan lokasi fisik atau toko online sekitar bulan keenam.

Bisnis digital sederhana, bahkan dengan produk atau konten yang disesuaikan, dan didukung oleh keranjang belanja atau iklan yang menghasilkan pendapatan, dapat dimulai di sore hari.

Startup yang lebih cepat mendorong wirausahawan digital untuk bereksperimen dan belajar dengan cepat. Ide bisnis baru dapat diuji dan disempurnakan pada saat yang sama saat bisnis dibangun, daripada menunggu bisnis yang terbentuk sepenuhnya diluncurkan sebelum sebuah ide dapat diuji.

Peluncuran yang lebih cepat memungkinkan wirausahawan digital menguji ide selama liburan, musim panas, atau 'aktivitas sampingan' tanpa harus melepaskan karier dan kewajiban reguler mereka. Pengusaha digital dapat mempertahankan 'pekerjaan harian' mereka hingga peluncuran bisnis yang cepat membuktikan dirinya.

Cheaper Entrepreneurship
Kewirausahaan yang Lebih Murah Di AS, 62% kaum milenial telah mempertimbangkan untuk memulai bisnis mereka sendiri, tetapi dengan rata-rata kekayaan bersih di bawah $ 7.000 USD dan rata-rata hutang lebih dari $ 45.000 USD, mereka seringkali kekurangan sarana untuk melakukannya.

Dunia digital dipenuhi dengan banyak alat digital gratis atau murah untuk komunikasi, penyimpanan, pembangunan situs, pembayaran, pembuatan faktur, dan survei konsumen.

Platform digital untuk jual beli tersebar luas, dan memiliki biaya awal yang rendah (seperti eBay, Amazon, Etsy, dan Shopify). Penyedia komputasi awan utama (termasuk Amazon, Google, dan Microsoft) semuanya menawarkan tingkat layanan gratis.

Pemasaran digital melalui media sosial dan iklan online menawarkan biaya awal yang rendah. Situs crowdfunding adalah cara murah untuk mengumpulkan dana awal. Dibandingkan dengan biaya startup rata-rata setengah juta USD di era dot com pertama, menjadi sekitar 50 ribu USD di awal Web. Era 2.0, biaya peluncuran bisnis digital sekarang mendekati nol.

Biaya yang lebih rendah telah memungkinkan beberapa startup untuk 'bootstrap' sendiri melalui crowdfunding dan dana pribadi, menunda penggalangan dana yang lebih formal sampai nanti.

Easier Entrepreneurship 
Pengodean, analisis data, dan keterampilan teknis lainnya di era digital dapat menjadi tantangan untuk dikuasai. Apakah pengusaha digital harus menjadi pembuat kode master atau ilmuwan data? Belum tentu, apalagi di awal. 

Banyak alat kewirausahaan digital menjadi jauh lebih mudah digunakan. Menyiapkan toko online atau memulai kampanye iklan online tidak memerlukan keahlian pengkodean khusus. Situs dapat dibangun dan dipelihara dengan perangkat lunak yang mudah digunakan. 

Data pelanggan dapat dikumpulkan dan dianalisis dengan analisis web. Dan banyak layanan dan sumber daya digital dapat dihubungkan bersama dalam kombinasi yang hampir tak ada habisnya, sebuah fenomena yang disebut sebagai 'kemunculan' teknologi digital. 

New Possibilities for Collaboration
Kemungkinan Baru untuk Kolaborasi Internet memungkinkan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya ke jutaan atau milyaran pelanggan potensial di seluruh dunia, tetapi kemungkinan kolaborasi kewirausahaan digital melampaui jangkauan pelanggan. 

Pelanggan sekarang memiliki kesempatan untuk menyumbangkan ide-ide baru, menjadi penyandang dana, atau bahkan berpartisipasi dalam pembuatan produk dan layanan baru. Pengusaha dapat menggunakan platform teknologi yang kuat, atau 'ekosistem kewirausahaan digital', untuk berkomunikasi, bekerja dengan, dan menjual kepada orang lain. 

Kewirausahaan digital dapat memanfaatkan akses ke mitra dan pemasok potensial di seluruh dunia. Sementara kewirausahaan secara tradisional berfokus pada individu sebagai pengambil risiko yang kreatif, jangkauan yang lebih luas dari kewirausahaan digital membuka kemungkinan baru untuk berbagi risiko dan beban kreatif dengan orang lain.

More Effective Entrepreneurship
Kewirausahaan yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah dengan kemungkinan kolaborasi baru membuka pintu untuk kewirausahaan yang lebih efektif, jika keefektifan didefinisikan sebagai pembelajaran dan pengambilan keputusan yang lebih baik tentang pemanfaatan peluang kewirausahaan. 

Kewirausahaan digital dapat bereksperimen lebih cepat, belajar lebih cepat, dan bertindak berdasarkan pengetahuan itu lebih cepat. Banyak dari hambatan terbesar yang dirasakan untuk berwirausaha berkaitan dengan kurangnya kompetensi, dukungan, dan pengalaman yang dirasakan, yang menyebabkan ketakutan akan konsekuensi negatif dari kegagalan, terutama untuk orang-orang dari latar belakang kewirausahaan yang secara tradisional kurang terwakili. Meningkatkan kemungkinan sukses atau mengurangi konsekuensi kegagalan bisa menjadi pengubah permainan. 

Dengan mengurangi hambatan kewirausahaan, era digital memungkinkan lebih banyak penekanan pada eksplorasi bisnis daripada perencanaan bisnis. Kewirausahaan digital membuka kemungkinan dari apa yang dikenal sebagai proses 'efek'. Efektivitas adalah penggunaan sumber daya apa pun yang ada sebagai titik awal dan membangun dari sana, daripada memulai dari rencana bisnis dengan kebutuhan sumber daya yang besar dan kompleks yang akan diperjuangkan oleh seorang wirausahawan. 

Gerakan 'lean startup', yang populer di dunia startup teknologi digital, melihat kewirausahaan tahap awal sebagai proses eksperimental atau pembelajaran yang mencari ide bisnis baru yang berhasil dengan cepat dan murah.

New Digital Opportunities: Experimentation, Data, and Scale
Peluang Digital Baru: Eksperimen, Data, dan Skala Kewirausahaan digital tidak hanya membuat bentuk-bentuk kewirausahaan yang ada lebih mudah untuk dicoba, tetapi juga membuka bidang-bidang baru peluang kewirausahaan. 

Di sini disoroti tiga bidang peluang baru: eksperimen, data, dan skala. Dunia digital memungkinkan wirausahawan bereksperimen dengan ide bisnis baru dengan lebih cepat dan murah, menggunakan prototipe sederhana sebagai alat pembelajaran cepat. 

Kewirausahaan digital menjadikan pengambilan dan penggunaan data unik sebagai area peluang baru, memungkinkan wirausahawan menawarkan produk dan layanan yang lebih bernilai dan lebih tepat sasaran. 

Dunia digital yang terhubung secara global memberi wirausahawan serangkaian peluang baru untuk memanfaatkan Internet dan perangkat pribadi serta menyesuaikan ukuran bisnis baru secara dinamis saat peluang baru muncul.


New Digital Challenges: Security, Privacy, and Competing for Attention
Dunia baru kewirausahaan digital menghadirkan ancaman dan tantangan baru serta peluang. Pengusaha tradisional yang memulai bisnis atau restoran dry-cleaning baru mungkin tidak harus menjungkirbalikkan bisnis mereka setiap kali Uni Eropa memperbarui peraturan privasinya, atau membela diri dari penjahat asing yang mencoba masuk ke toko mereka beberapa kali sehari. 

Pengusaha digital harus menghadapi kompleksitas yang langsung mengglobal ini dan banyak lagi. Mereka harus menemukan cara untuk bekerja di bawah bayang-bayang perusahaan teknologi terbesar dan terkuat di dunia, namun secara efektif bersaing dengan mereka pada saat yang bersamaan. 

Dan wirausahawan digital harus tetap berada di atas lingkungan media sosial yang semakin canggih di mana komentar, gambar, atau tweet dapat menjadi viral kapan saja dan membuat atau menghancurkan karier. 

Tiga contoh tantangan baru bagi wirausahawan digital: menjaga keamanan bisnis digital dari serangan, menjaga privasi dan kepercayaan konsumen, serta menarik perhatian konsumen di pasar digital yang sangat padat.

Comments