GoTo - The merged entity of Gojek and Tokopedia - Gojek’s shareholders will have a 58% stake


Kemarin ramai dibicarakan terkait merger-nya Gojek dan Tokopedia. Hal itu bermula informasi dari Bloomberg bahwa dua perusahaan rintisan di bidang ride-hailing dan e-commerce tersebut akan membentuk perusahaan induk bernama GoTo. 

Nantinya, pemegang saham Gojek akan memiliki 58 persen kepemilikan. Sementara sisanya adalah milik pemegang saham Tokopedia. 

Perusahaan baru itu nantinya bernama GoTo yang akan memiliki tiga unit bisnis. Yakni, layanan transportasi online Gojek, layanan e-commerce Tokopedia dan layanan pembayaran dan keuangan melalui GoPay (Dompet Karya Anak Bangsa - BKAB). 

Dari tiga unit bisnis itu, William Tanuwijaya yang kini menjadi CEO Tokopedia akan mempimpin bisnis e-commerce setelah penggabungan. Kevin Aluwi yang saat ini juga menjabat sebagai Co-CEO Gojek akan memimpin bisnis Gojek. Andre Soelistyo akan mengepalai unit pembayaran dan layanan keuangan (GoPay/DKAB). 

Saat ini, Tokopedia dan Gojek masih dalam tahap final kerja sama yang digadang-gadang bakal menjadi perusahaan internet terbesar di Indonesia. Dewan maupun tim manajemen kedua belah pihak telah menyetujui ketentuan merger. 

Selanjutnya, kedua perusahaan tengah meminta restu kepada para pemegang saham untuk menyetujui porsi kepemilikan. 

Informasinya Andre Soelistyo akan dipilih sebagai pemimpin perusahaan gabungan untuk mengejar target valuasi perusahaan mencapai US$40 miliar dan menjaga pertumbuhan bisnis.

Comments