Strategy Gojek Menjadi Super App yang Pertama di Indonesia


Akhir-akhir ini mulai sering dibicarakan tentang Super App, secara sederhana Super App adalah sebuah aplikasi mobile yang berisi beberapa aplikasi di dalamnya. Aplikasi tersebut menyediakan semua layanan dalam satu platform, yang artinya, pengguna tidak perlu pindah aplikasi untuk memesan hingga soal pembayarannya.

Berbagai aplikasi dengan jumlah pengguna yang besar mulai bergerak menjadi Super App, mulai dari Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan lainnya. Semua aplikasi tersebut mulai memperkaya dengan menambah aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Pelopor pertama Super App adalah Gojek. Inisiasi dimulai tahun 2015, yang semula hanya untuk tempat order ojek terus berkembang menjadi ekosistem yang menghubungkan jutaan orang, pelanggan, mitra driver, merchant, serta penyedia layanan lainnya.

Yang menjadi pemicu untuk perkembangan Gojek adalah adanya Gopay sebagai platform pembayaran. Segala aplikasi yang berda dalam Super App Gojek dengan mudah dapat dilakukan monetizing dengan Go Pay. Gopay saat ini diterima kurang lebih 300 ribu merchant online dan offline sebagai alat pembayaran serta memproses Gross Transaction Value (GTV) sebesar kurang lebih 88 trilyun rupiah setahun.

Aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak 133 juta, berikut fakta-fakta lainnya yang menjadikan Gojek sebagai Super App yang pertama di Indonesia,

  • Sudah 4,1 miliar kilometer (km) total perjalanan layanan Go Ride, Go Car, dan Go Blue Bird setara dengan jelajah antariksa pulang-pergi dari bumi ke bulan. 
  • Sejak Januari sampai Desember 2018, total jarak tempuh mitra pesan-antar Go Food mencapai lebih 610 juta km. 
  • GoFood telah mengirimkan setidaknya 529 juta makanan dan minuman. 
  • Total jarak tempuh pengiriman Go Send juga mencapai 300 juta km. Angka ini bisa diibaratkan para jasa Go Send telah mengitari bumi hingga 26.000 kali.
  • Bahkan, uang tip yang diterima via Gopay yang disalurkan kepada para mitra pengemudi Gojek juga tidak sedikit, yakni Rp 105,15 miliar. 
  • Gojek pun telah mendonasikan dana digital mereka yang disalurkan melalui Go Pay sebesar Rp 4,8 miliar. 
  • Go Massage pada aplikasi Go Life, telah melayani pijatan 252 tahun. 
  • Jasa Go Clean telah melayani lebih dari 38 juta meter persegi ruangan yang telah dibersihkan. Angka bersih-bersih itu sama dengan 5.000 kali luas lapangan sepak bola internasional.
  • Layanan Go Auto telah menghemat lebih dari 8 juta liter air dari layanan cuci mobil waterless. Angka tersebut setara dengan 386 kali kolam renang Olimpiade hematnya.
Prediksi saya selain Gojek dan Grab, yang berpeluang besar menjadi Super App di Indonesia adalah Tokopedia. Banyak aplikasi yang ada di dalam Tokopedia, selain sebagai market place, Tokopedia merambah layanan top-up & tagihan, travel, entertainment, dan keuangan.

Comments