Bank Indonesia launches Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS)


Tadi pagi saya menghadiri undangan dari Bank Indonesia (BI) dalam acara Grand Launching QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) yang dilakukan setelah Upacara Bendera Kemerdekaan RI yang ke-74 di Kantor BI Jakarta.

Menurut saya ini langkah yang sangat strategis yang dilakukan oleh BI dan leading dibandingkan negara lainnya. Yang saya lihat di China dua minggu lalu, mereka masih belum menerapkan single QR standar, yang ada AliPay punya QR Code sendiri dan demikian juga WeChat punya kode QR sendiri yang khusus untuk pemabayaran dari WeChat Pay.

QRIS secara sederhana adalah QR Code yang dapat menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran elektronik. Cara membayar cukup mudah sebagai berikut:
  1. Pilih dan buka aplikasi pembayaran yang anda inginkan.
  2. Scan QRIS dan periksa nama merchant-nya.
  3. Isi nominal dan bayar.
Bersama Gubernur BI Pak Perry Warjiyo

Dalam kesempatan grand launching QRIS tersebut, Gubernur BI Pak Perry Warjiyo memnyampaikan tagline dari QRIS yaitu QRIS Unggul Menuju Indonesia Maju,
  • Universal: inklusif, untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan di domestik dan luar negeri.
  • Gampang: transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman.
  • Untung: efisien, satu kode QR untuk semua aplikasi.
  • Langsung: transaksi cepat dan seketika, mendukung kelancaran sistem pembayaran.
Pelepasan burung dara sebagai tanda Grand Launching QRIS

Salah satu yang telah disetujui sebagai perusahaan pemrosesan transaksi pembayaran dengan menggunakan QRIS MPM (Quick Response Code Indonesian Standard - Merchant Presented Mode) adalah PT. Telkom Indonesia dengan produknya QREN.



Comments