Google Provides Smart Home Solution through Android TV


Tanggal 13-15 November 2018, saya menghadiri acara Asia Pacific Google Android TV Summit 2018 yang diselenggarakan di Bangkok. Pesertanya lebih dari 1000 orang baik dari pabrikan OEM STB Android TV, System Integrator, Telco Company dan pabrikan TV.

Hari pertama dan kedua diisi dengan seminar dari Google maupun talkshow oleh praktisi industri yang telah bekersama dengan Google dalam pengembangan dan implementasi Android TV.

Sedangkan hari ketiga diisi dengan Expo Day yang mempertemukan pemain di industri TV and Telco operators, TV set manufacturers, SOCs, OEMs, System Integrators, Broadcasters, Publishers dan Digital Advertisers.

Saya melihat ekosistem yang dibangun melalui Android TV ini sangat powerfull dan mulai diterima oleh market. Belajar dari sistem Android yang digunakan oleh smartphone, menurut saya Android TV ini akan menjadi standar untuk operating system STB maupun TV.

Ariel Spivak, Managing Director of Android TV Partnership

Android TV tidak hanya untuk marketplace content, tapi lebih dari itu. Dengan adanya Google Assistant maka dengan mudah dapat mengontrol peralatan yang tersambung ke Android TV (IOT Integration) baik itu lampu, AC, camera, printer, alarm dll.

Android TV melalui Google Assistant menjadikan rumah biasa menjadi smart home bahkan akan dapat mengubah gaya hidup kita. Rumah bisa dikontrol dengan suara melalui TV maupun jarak jauh dari rumah bahkan belahan dunia manapun melalui smartphone.


Comments