Strategy Tokopedia setelah Mendapatkan Pendanaan 14,7 Trilyun dari Alibaba


Tepat tanggal 17 Agustus 2017 di hadapan ribuan tamu undangan perayaan ulang tahun ke-delapan Tokopedia di Pullman Central Park Jakarta, secara resmi CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya menyampaikan bahwa telah memperoleh komitmen investasi dari Alibaba Group senilai 1,1 milar dollar AS atau sekitar Rp 14,7 trilun. Investasi ini akan menjadikan Alibaba Group sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Dengan pendanaan tersebut Tokopedia menyusul Gojek dan Traveloka yang masuk jajaran elit Unicorn di Regional, seperti yang telah artikel saya publish sebelumnya Traveloka Mendapatkan Pendanaan Rp. 4,6 Trilyun dari Expedia.

Tokopedia didirikan sejak 2009 dan menjadi perusahaan platform marketplace terbesar di Indonesia yang memungkinkan jutaan UMKM dan pemegang merek lokal di Indonesia untuk memulai dan mengembangkan usaha mereka secara online.



Kemitraan dengan Alibaba akan meningkatkan skala dan kualitas pelayanan Tokopedia, sekaligus mempermudah para penjual dan mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya. Dengan kemitraan tersebut diharapkan dapat mempercepat terwujudnya misi Tokopedia dalam menggerakkan pemerataan ekonomi secara digital.

Selain itu pendanaan tersebut antara lain akan digunakan untuk membangun pusat Research & Development terbaik dan terbesar di Southeast Asia serta merekrut talent-talent terbaik Indonesia maupun luar negeri untuk bergabung dan membangun karir di Tokopedia.


Comments