Blibli Acquires Tiket.com to Become a "one-stop shop" for Online Consumers


Pada tanggal 15 Juni 2017 Blibi melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi 100% kepemilikan Tiket.com. Seperti yang disampaikan oleh CEO Blibli, Kusumo Martanto, alasan utama karena melihat besarnya bisnis travel online. Blibli.com sendiri saat ini telah mulai berekspansi menjual tiket kereta api dan hotel, dengan akuisisi tersebut akan memperkuat positioning Blibli.com untuk menjadi "one-stop shop" for Online Consumers.

Tiket.com yang mulai beroperasi sejak enam tahun lalu, telah meraih pendapatan beberapa triliun rupiah dan hanya mempunyai angel investor, agak suah berkembang menghadapi pesaing utamanya Traveloka yang didukung penuh oleh Rocket Internet-backed Global Founders Capital.

Kedua perusahaan tersebut akan tetap beroperasi secara terpisah, namun tentunya ada kerjasama diantara keduanya, Tiket.com akan memperkuat layanan ecommerce yang dimiliki Blibli.com terutma pada kategori travel. Dan bagi Tiket.com sendiri akuisisi ini merupakan darah segar untuk menghadirkan features yang terbaik bagi pelanggan dan melawan kompetitor Traveloka yang semakin agresif.

Blibli.com didirikan Juli 2011 oleh PT Global Digital Niaga (GDN), anak perusahaan dari PT Global Digital Prima (GDP) yang dimiliki oleh Martin Hartono. GDP merupakan bagian dari Djarum Group, yang memiliki beberapa perusahaan online, termasuk Kaskus, beritatagar.id, dailysocial.net serta Merah Putih Inc.


Comments