iPhone Menguasai Market Smartphone di Japan


Berbeda ketika saya di Seoul yang di dalam Subway-nya banyak orang menggunakan Gadget merk Samsung, di Jepang saya lihat kebanyakan menggunakan iPhone. Mereka asyik main game maupun membaca berita.

Hal tersebut terbukti benar, dari data yang saya peroleh bahwa Jepang adalah salah satu negara yang market share iPhone-nya terbesar dibandingkan dengan Android, Windows dan BlackBerry. Pada Quarter 4 market share dari iPhone di Japan mencapai 68,7%, lebih tinggi dibandingkan di USA sebesar 49,7%.

Saya coba cari tahu mengapa hal ini, berdasarkan informasi dari appleinsider.com, menyatakan bahwa "The iPhone's dominant market share is said to be due in part to Apple's brand positioning, which the publication places in the same tier as those of fashion houses Louis Vuitton and Burberry". Sehingga iPhone dikategorikan barang mewah dan branded.

Market Smartphone by Country

Disisi lain disampaikan juga bahwa "The historically rocky relationship between Japan and Korea, which has given Japanese consumers a deep-seated bias against products from the neighboring peninsula is also cited as a tailwind for Apple in Japan. This cultural rift makes it difficult for Apple's global arch rival, South Korea-based Samsung, to gain a foothold". Sehingga Samsung yang menguasai market android sangat susah menembuh pasar di Japan.

Pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa konsumen memilih suatu produk tidak hanya tergantung pada kualitas dari produk saja, namun melibatkan aspek emosi.

Comments