Pengguna Layanan Data di Indonesia Tumbuh Sangat Menggembirakan

Mengamati laporan semester 1 2011 dua perusahaan Telco di Indonesia yaitu Telkom Group dan XL Axiata, terlihat bahwa pengguna layanan data di Indonesia tumbuh cukup significan.

Dari laporan semesteran XL terlihat bahwa pengguna layanan data meningkat sebesar 47% dan memberikan kontribusi sebesar 21 persen terhadap pendapatan secara keseluruhan. Untuk mendukung layanan data tersebut, XL selama satu tahun terakhir telah membangun sebanyak 1.220 BTS 3G, sehingga jumlahnya saat ini menjadi 2.301 BTS 3G.

Untuk Telkom Group, produk Telkomsel Flash mengalami pertumbuhan yang cukup besar yaitu sebesar 74,4 persen dari 2,97 juta menjadi 5,19 juta pengguna. Sedangkan pengguna Speedy meningkat 41,2 persen dari 1,41 juta menjadi 2 juta, demikian juga pelanggan Blackberry naik 381,4 persen dari semula yang hanya 456 ribu menjadi 2,19 juta.

Berdasarkan report kedua perusahaan besar tersebut, menunjukan life style masyarakat sudah mulai bergeser ke penggunaan data. Dan ini tentunya peluang bagi operator telco untuk terus membangun infrastruktur yang mendukung layanan data khususnya broadband.

Comments