Saturday, December 1, 2012

Nelpon Gratis Menggunakan BBM via WiFi

Operator Telco perlu siap-siap revenue dari Voice Call akan semakin tergerus, dengan rencana RIM meluncurkan BBM versi 7 pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Dengan BBM versi baru tersebut, pengguna selain bisa Chatting juga bisa melakukan panggilan telpon ke sesama pengguna BBM secara gratis.

Layanan Voice Call tersebut menggunakan teknologi Voip, yang hanya bisa dilakukan melalui WiFi. Maka langkah tepat Telkom untuk menggeber deployment Indonesia WiFi. Demikian juga Indosat dengan produknya Super WiFi.

Dengan BBM versi 7 ini, pengguna bisa melakukan panggilan suara via BBM sambil berkirim pesan, melihat foto yang ada di galeri, hingga mengirimkan e-mail.

BBM versi 7 ini akan langsung tertanam pada sistem operasi BB10 yang rencananya akan beredar pada awal tahun 2013. Pengguna BB lama juga bisa menikmatinya dengan melakukan upgrade ke BBM versi terbaru ini, asalkan perangkatnya sudah menggunakan sistem operasi BlackBerry 6 atau versi lebih tinggi.





Meskipun pada Android ada aplikasi yang bisa voice call yaitu Line dan pada iOS ada juga semisal WeChat dan Tango, namun karena populasi BlackBerry di Indonesia masih cukup besar, sehingga dampaknya akan cukup signifikan untuk me-reduce revenue Voice Call Operator. 









3 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *