Friday, April 6, 2012

Indonesia WiFi - WiFi.id Mega Proyek Telkom

Setelah melihat suksesnya layanan Flexinet Hotspot yang menggunakan teknologi WiFi untuk akses broadband, maka Telkom serius untuk menggarap layanan Hotspot dengan mencanangkan proyek Indonesia WiFi dengan short name WiFi.id.

Telkom akan mengintegrasikan layanan Hotspot yang telah digelar oleh Telkomsel, Flexi dan Speedy, serta akan membangun ratusan ribu hotspot di tempat-tempat yang strategis di seluruh Indonesia.

Saya nilai langkah ini sangat strategis, karena hampir semua Smartphone dan Laptop saat ini sudah support teknologi WiFi. Hotspot dapat sebagai pelengkap dari layanan mobile broadband yang dimiliki Telkom, yang diperkirakan tidak akan bisa full provide atas permintaan akses data yang tumbuh dengan signifakan.






22 comments:

  1. ane juga lagi make wifi ID nih gan..
    mantap deh pokoknya kenceng banget...
    hehehe

    ReplyDelete
  2. Update terakhir yang saya tahu, proyek Indonesia Wifi wifi.id ditargetkan akan on 100 ribu pemancaran / Access Point (AP) pada tahun ini dan menjadi satu juta AP pada akhir tahun depan.

    ReplyDelete
  3. Menurut gw @wifi.id ini numpang di modem wireless milik pelanggan speedy sehingga sinyalnya terkesan ada dimana2.

    Ruang kerja gw ada di basement, gw pasang speedy dikasih modem yg udah include wireless sama teknisinya. Disitu sinyal @wifi.id sangat kencang (setara dengan sinyal wifi gw), ketika modem gw dimatiin sinyal @wifi.id ikut lenyap.

    Kenapa bisa begitu..? Karena speedy sudah merubah firmware original bawaan modem tersebut dengan firmware milik speedy (hasil oprekan) yang sebenarnya memiliki fitur multiple SSID (fitur ini disembunyikan oleh pihak speedy), dimana SSID @wifi.id sudah di set untuk selalu aktif/on dan kita tidak bisa merubah settingan tersebut.

    Thank's.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak menjawab pertanyaan nih... Di rumah saya ap sedang dimatikan dimana saya yakin hanya ada satu ap di desa tempat saya tinggal... Entah kenapa muncul satu hotspot baru bernama @wifi.idd ... Bersamaan dengan adanya pemilik ap baru... Dengan prediksi pakai ap dgn firmware telkom.... Fyi ap saya adalah firmware asli tanpa telkom... Jadi bener juga kalo bisa kaya gini.... Terus pertanyaan baru timbul.. Bagaimana jarijgannya? Harusnya speed bakalan sama dengan paket sipemilik dong.... Sehabis ini daya akan mengecek ap saya satunya di rumah kota yang pakai firmware speedy....

      Btw kemarin saya sempat pakai wifi I'd di stasiun bandung... Pakai user I'd speedy dirumah... Speednya bagus juga... Tembus 8 mbs... Tapi kalau pemakaian dengan username speedy bakalan berpengaruh di bagian mananya ya? Apakah ada kuotanya ya?

      Delete
    2. ane bantu jawab untuk @wifi.id , sebenarnya untuk wifi.id itu sendiri mempunyai jaringan tersendiri. kalaupun di modem speedy masih ada wifi.idnya itu menurut saya proyek lama yang gagal dan bersifat tanpa izin sama pelanggan speedy . tetapi sesunggunhnya proyek aslinya atau barunya @wifi.id menggunakan pemancar Cisco Aironet 3500 Series Access Point. lagipula juga sudah banyak cara di google untuk menghilangkan SSID @wifi.id di modem speedy. dan satu lagi untuk kecepatan @wifi.id di speedy kecepatannya beda jauh sama @wifi.id jaringan khusus. dan kerenya lagi @wifi.id tidak punya kuota atau limit jadi buat yang gila download mesti pake software IDM dan account cepat.us. kelemahannya cuma satu koneksi akan terputus setiap 1 jam mesti login lagi.

      Delete
  4. Sekarang sedang dideploy oleh Telkom untuk AP Speedy eksisting bisa memancarakan SSID baru yaitu @wifi.id selain SSID untuk yang punya speedy, yang dinamakan speedy hotspot. Kapan tepatnya produk ini akan dilaunching, kita tunggu tanggal mainnya :-)

    ReplyDelete
  5. Berarti Pak Budi setuju kalau saya menyebut "@wifi.id ini numpang di modem wireless milik pelanggan baru speedy" ?

    ReplyDelete
  6. Salah satu implementasinya memang akan begitu Pak, tapi layanan tersebut tidak akan dicommercialkan tanpa persetujuan pemilik speedy, renvcananya ada semacam kerjasama kalau tidak salah.

    ReplyDelete
  7. bagi rekan pekan baru,batam,medan dan aceh yang mau di pasangkan alat @wifi.id tuk bisnis dan pribadi ( tempat usaha ) silahkan
    hub 0852 5063 6938 ATAU 0821 7401 0475 atas nama Johny R Lawolo ,akan saya pasangkan sesegera mungkin dan gratis............

    ReplyDelete
  8. Siang pak Budi, bagaimana caranya untuk meluaskan jangkauan wi-fi speedy ya? untuk saat ini hanya bisa dalam lingkup kantor dengan jangkauan maksimal 10 meter dari modem. rencananya kami akan meluaskan sampai dengan jarak 800 m. mohon petunjuknya untuk kami yang kurang informasi dari telkom, karena setelah ditelfon ke telkom, telkom tidak menyediakan alat penguat jaringan tersebut. terima kasih,

    ReplyDelete
  9. @wifi.id Telkom pada Modem ADSL+ Wireless, bisa menjadi ancaman keamanan internet/intranet
    Selengkapnya : http://josh.rootbrain.com/blog/2013/01/16/modem-adsl-wireless-bisa-menjadi-ancaman-keamanan-internetintranet/

    ReplyDelete
  10. layanan wifi.id ditawarkan kepada pelanggan speedy, justru pihak telkom mengajak kerjasama dengan revenew share / bagi hasil dari wifi.id 70% untuk telkom dan 30% untuk owner, modem diganti dg yang sudah support wifi.id dan gratis.
    Kekurangan:
    Ternyata modem baru yang support wifi.id memiliki 3 SSID, keluhan dari pelanggan adalah, modem ini gampang rusak dan signalnya nyaris naik turun tidak stabil seperti generasi sebelumnya yang hanya 1 SSID.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih Pak Shofank atas sharing-nya

    ReplyDelete
  12. Sering nggak bisa log in, sering maintenance, koneksi terputus sendiri pas mau log in, telkomsel juga gitu daftar pake voucher digital konfirmasinya nggak ada masuk, daftar pake username speedy kadang mau kadang nggak, sudah 6 bulan progresnya segitu2 aja, telkom kurang pegawai ya?

    ReplyDelete
  13. Mohon informasi nomor yang bisa dihubungi dikirimkan ke setyo@setyobudianto.com
    Tmks

    ------------------
    Sering nggak bisa log in, sering maintenance, koneksi terputus sendiri pas mau log in, telkomsel juga gitu daftar pake voucher digital konfirmasinya nggak ada masuk, daftar pake username speedy kadang mau kadang nggak, sudah 6 bulan progresnya segitu2 aja, telkom kurang pegawai ya?

    ReplyDelete
  14. Pak setyo, bisa bantu tutorial cara menggunakannya. Saya pelanggan speedy, tp pada saat login ke @wifi.id tidak pernah berhasil. Thankz

    ReplyDelete
  15. Betul, koneksi tidak stabil alias naik turun, sering terputus dan juga sering minta login kembali.
    Menurut hemat saya, sinyal ini bagus untuk download data saja karena sering putus dan tidak disarankan untuk koneksi yang sifanya berkelanjutan seperti bermain game maupun realtime player.

    Jika mendapatkan sinyal @wifi.id yang form login mengarah kesini: https://welcome.telkomhotspot.info/ saya anggap cacat.

    ReplyDelete
  16. baru aja saya komplen dan jelas Wifi (wifi.co.id) yg di konek adek saya adalah wifi kantor saya dengan mata saya sendiri saya melihat
    saat saya matikan wifi koneksi laptop adik saya mati dan saat saya nyalakan kembali wifi kantor saya adik saya dapat mengakses kembali wifi (wifi.co.id)

    ini jelas saya merasa di rugikan dan adik saya di rugikan

    awalnya saya tidak pernah mematikan koneksi wifi kantor saya tapi semenjak ada rasa koneksi saya berubah terasa berat saya coba cari tahu kenapa dan ternyata saya mendeteksi ada beberapa macadd yg menimbrung di jaringan wifi kantor saya dan sekarang jelas ternyata sangat amat meruugikan

    Speedy telah merugikan kami

    ReplyDelete
  17. wifii yg kalian konek adalah menumpang wifi orang terdekat kalian dan sangat amat merugikan

    ReplyDelete
  18. tunggu tanggal main di Expose ya Speedy Merugikan Pelanggan
    yes akhirnya tanggal mainnya dah hampir datang

    ReplyDelete
  19. Hal ini sudah saya sampaikan ke unit terkait, product wifi homespot yang memancarakan SSID @wifi.id akan dijelaskan lebih lanjut oleh pihak Telkom secara resmi. Mohon maaf saya tidak belum bisa menyampaikan hal tersebut.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *