Wednesday, August 31, 2011

Efek Samping Menjadi Blogger

Saya mulai menulis di dunia online pada tahun 1996, waktu itu saya membuat personal site di Geocities yang berisi artikel-artikel tentang telekomunikasi. Kemudian saya membeli domain SetyoBudianto.com pada tanggal 15 April 2007. dan mulai serius menekuni dunia Blogging pada 7 September 2008, dengan tulisan pertama saya yaitu Bulgogi Makanan Khas Korea. Sampai saat ini saya rutin update Blog minimal satu postingan per minggu. Fokus utama tulisan saya adalah tentang Digital Lifestyle dan Travel & Living.

Kegemaran menulis saya, mungkin adalah keturunan dari Bapak. Masih tertanam di ingatan saya, dulu waktu masih SMP, saya dan Bapak ikut lomba menulis cerita yang diadakan oleh Pemda Kabupaten Kendal. Namun saya tidak memperoleh juara, Bapak saya yang dapat juara pertama. Bapak waktu itu menulis cerita yang diberi judul "Kisah Marakharma Memperoleh Anugerah". Sampai saat ini karangan Bapak tersebut masih saya simpan, meskipun Bapak telah tiada.

Selain menulis Cerita, Bapak juga menulis berbagai macam Buku Pelajaran Sekolah. Dan alhamdulillah kami sekeluarga menikmati royalti dari hasil karya Bapak. Lumayan penghasilan Bapak waktu itu, bisa menjadi sumber pendapatan rutin selain sebagai Kepala Sekolah.

Jejak Bapak tersebut, kelihatannya secara tidak sadar saya ikutin. Meskipun dengan cara yang berbeda. Bapak mencetak hasil karyanya menjadi buku, dan memperoleh penghasilan royalti dari buku yang dijual oleh penerbit. Sedangkan saya mem-publish melalui Blog pribadi dan alhamdulillah meskipun tidak banyak, saya juga mendapatkan efek samping berupa penghasilan dari aktifitas Blogging tersebut.

Wisuda Sarjana STTTelkom tahun 1995

Dari mana saya memperoleh penghasilan sebagai seorang Blogger? Antara lain dari Iklan Pay per Click (PPC), Text Link Ads, Review Produk dan Affiliate. Saat ini yang saya percaya untuk menjadi partner adalah idBlogNetwork, Google Adsense, Text Link Ads, Intellilinks dan Agoda.

Bagi saya, finansial bukanlah tujuan utama dari aktifitas Blogging. Saya cukup senang bisa berbagi pengalaman dan sharing tentang apa yang saya ketahui dan alami. Serta saya juga bisa menyalurkan atau meng-aktualisasi-kan knowledge yang saya miliki. Semoga tulisan-tulisan saya di Blog dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Amin.






12 comments:

  1. sudah melakukan aktifitas online sejak 1996? Astaga ... sudah lama sekali pak, berarti penuh pengalaman.

    sama pak saya melakukan monetasi online bermitra dgn idblognetwork; dan sangat merasakan hasilnya :)

    utk 2 terakhir yg disebutkan; intellink dan agoda saya baru tahu tuh ... saya coba cari tahu deh thx info-nya -sukses terus ya pak-

    ReplyDelete
  2. @adetruna: terima kasih, sukses untuk kita semua. amin

    ReplyDelete
  3. wuuuaaa luar biasa... minta tipsnya dong mas... kepengin c saya pny domain sendiri... karena masih pendatang baru... masih harus bnyk belajar dulu... Farah herbal ini blog pertama saya mas... :)

    ReplyDelete
  4. Saya juga masih belajar, mari sama-sama belajar. Saya sudah buka Blog-nya, bagus dan menarik. Saran saya langsung beli domain dulu sekarang, kalau belinya nanti akan reset lagi dari nol trafiknya. Tmks

    ReplyDelete
  5. reputasinya bagus ma Budi,bagi tips dan triknya jadi blogger maklum masih baru..Sukses Mas

    ReplyDelete
  6. Tip-nya berkomitmen, pantang menyerah dan enjoy melakukannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Tampaknya Anda sudah pergi jauh dengan kemampuan blogging anda. Saya berharap Anda sukses di masa depan juga!

    ReplyDelete
  8. mantap blognya...inspiratif, saya banyak belajar dari blog ini...

    ReplyDelete
  9. Mulai ng-blog tahun 1996 ? Walaahhh... Saya baru semester satu itu mas... ^_^ Keren. Very inspiring spirit and motivation.

    ReplyDelete
  10. Thanks Mbak Rika, saya tambah ngeblog semangat sejak kehadiran idblognetwork :-)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *