Sunday, June 19, 2011

Cara Cari Duit di FlexiMarket Android

Seminar dengan "Cari Duit di FlexiMarket Android" yang di selenggarakan TelkomFlexi di Hotel Grand Mercure Surabaya cukup menarik minat para Developer dan pemerhati IT Surabaya, terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir, tidak kurang 150 orang.

Sebagai Pembicara adalah Andy Zain (Founder of MobileMonday Indonesia), Agus Hamonangan (Ketua ID Android Community Indonesia), Arief Sugandi (SM Flexi Content & Commerce Application) dan Herry SW (Pakar dan pengamat industri seluler Jawa Timur).

Latar belakang munculnya ide pembuatan FlexiMarket adalah jumlah pengguna smarthphone yang semakin banyak dan diprediksi pada tahun 2012 jumlahnya sudah melebihi PC maupun Notebook. Dan ponsel cerdas tersebut, saat ini trendnya adalah menggunakan sistem operasi Android, yang terus mengalami pertumbuhan mengalahkan BlackBerry OS, Symbian dan IOS.

Bagaimana dengan Indonesia? Pengguna smartphone di Indonesia, saat ini diperkirakan sekitar 23 juta dibandingkan dengan mobile user secara keseluruhan yaitu 168 juta. Android mulai masuk ke Indonesia sekitar Maret tahun 2010, dan langsung menggebrak dengan market share sekarang 10%.

Pendorong lainnya munculnya FlexiMarket adalah animo pengguna internet yang menggunakan jaringan FlexiNet terus tumbuh eksponensial. Dari sekitar 18 juta pengguna Flexi, saat ini yang menggunakan FlexiNet untuk akses internet sekitar 4,5 juta. Market yang cukup besar sebagai pengguna aplikasi di FlexiMarket.

Untuk menunjang akses internet melalui smartphone, TelkomFlexi juga telah meluncurkan FlexiNet Broadband. Dengan menggunakan dua teknologi yaitu Wi-Fi dan CDMA EVDO. Hotspot Flexi dipasang pada public area yang strategis antara lain di Mall, Taman Umum dan Universitas serta Sekolah. Sedangkan EVDO akan mengcover Kota-kota besar di Indonesia.

Melihat latar belakang tersebut di atas dan juga hasil benchmark di negara-negara maju, yang menunjukan kesuksesan Operator meluncurkan App Market, sebagai contoh SK Telecom App Store, China Mobile App Store, Vodafone App Store. Maka keluarlah inovasi dari TelkomFlexi yaitu FlexiMarket.

FlexiMarket Portal Dashboard

Untuk mendukung Developer, FlexiMarket menyediakan fitur-fitur antara lain:
  • Online Distribution Channel
  • One Stop Shopping
  • 3rd Party & Community Support
  • Direct Billing Capability, PSMS
  • Advertisement Platform
  • Convergent Solution

Beberapa hal yang membedakan FlexiMarket dengan Android Market yang lain adalah
  • Metoda pembayarannya bisa melalui Phone bill & potong pulsa
  • Adanya promosi program manajemen pengembang kepada target pasar Indonesia
  • Penanganan VOC (Voice of Customer) melalui helpdesk Flexi Content
  • Adanya program untuk para pengembang: Boothcamp (campus), Creative Center (Telkom RDC) dan Indigo Award

Tentunya hal yang menarik bagi developer untuk ikut bergabung adalah mengenai business schema. Flexi menawarkan sharing revenue yang sangat menarik yaitu 30% bagi Flexi dan 70% bagi developer.

Untuk proses pendaftaran serta reporting semua dilakukan secara transparan dan online:
  • Agreement
  • App Portfolio Management (upload, approval status, view)
  • Performance Monitoring (traffic, revenue)
  • Invoice/ Settlement

Seluruh pengembang aplikasi Android di Indonesia dapat bergabung di FlexiMarket, bila tertarik, silahkan bergabung dengan FlexiMarket, cara pendaftarannya sangat mudah dengan mengunjungi Developer Portal pada alamat http://market.telkomflexi.com/market. Cukup simpel dan mudah kan untuk mendapatkan duit di FlexiMarket Android. Selamat mencoba.






3 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *