A Startup is A Temporary Organization


Akhir-akhir ini, saya banyak mencari referensi tentang Startup, pengin tahu lebih dalam seluk beluknya. Dari beberapa referensi yang ada, saya tertarik pada konsep yang disampaikan oleh Steve Blank yang dikenal sebagai pengembang "The Customer Development Method".

Pada tahun 2012 Steve Blank merelease buku yang berjudul "The Startup Owner's Manual: The Step-By-Step Guide for Building a Great Company". Buku ini menjelaskan step-by-step instructions on building successful, scalable, profitable startups.

Buku dengan 608 halaman ini berisi lebih dari 100 chart, graph dan diagram serta 77 valuable checklist yang menuntun startup menjadi perusahaan yang profit. Buku ini secara garis besar membantu kita untuk,
  • Avoid the 9 deadly sins that destroy startups' chances for success
  • Use the Customer Development method to bring your business idea to life
  • Incorporate the Business Model Canvas as the organizing principle for startup hypotheses
  • Identify your customers and determine how to "get, keep and grow" customers profitably
  • Compute how you'll drive your startup to repeatable, scalable profits.Startup mencari 

Yang menarik adalah statement dari Steve Blank tentang definisi Company dan Startup.  "A company is a business organization which sells a product or service in exchange for revenue and profit", sedangkan "A Startup is a temporary organization designed to search for a repeatable and scalable business model".

Mengapa startup adalah temporary organization? karena tidak selamanya menjadi Startup tapi goal akhirnya ingin menjadi Company. Caranya gimana? Startup terus mencari business model yang repeatable dan scalable sehingga bisa mendatangkan revenue dan profit.

Comments