Friday, April 1, 2016

Aplikasi Digital untuk Jasa Rumah Tangga Mulai Menggeliat


Layanan aplikasi digital di bidang transportasi seperti Uber, Grab dan Gojek banyak menuai protes dari pelaku industri tansportasi konvensional (reguler), karena dianggap pesaing yang tidak memerlukan izin, kewajiban kir dan membayar pajak.

Berbeda dengan apikasi digital untuk jasa rumah tangga yang menghubungkan penjual jasa di rumah tangga seperti tukang AC, tukang taman, tukang sofa, tukang cat dan lain-lain dengan konsumen rumah tangga, yang dianggap sangat membantu bagi penjual jasa maupun penggunanya.

Contoh aplikasi yang mulai terkenal adalah Go-CleanSejasaCarijasa dan Beres. Go-Clean adalah layanan kebersihan profesional panggilan berbasis aplikasi yang tersedia di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi, sedangkan Sejasa adalah tempat untuk mencari layanan yang menghubungkan Penyedia Jasa dan Customer untuk home impeovement (Kontraktor renovasi, Desain interior, Ledeng, Pertukangan) dan event (Wedding planner, Party planner, Fotografer, Videografer, Custom Cake Designer).

Demikian juga Carijasa merupakan marketplace jasa yang memiliki misi untuk menciptakan pasar yang transparan di mana meritoracy berlaku. Sedangkan Beres merupakan platform marketplace jasa yang berasal dari Malaysia dan meng-klaim sebagai marketplace jasa terkemuka di Asia Tenggara.

Ada juga yang fokus pada jasa dan komunitas tertentu, seperti Renovasi Rumah Cibubur. Pembuatan Renovasi Rumah Cibubur didasarkan pada kesulitan sebagian besar keluarga yang tinggal di perumahan Cibubur (Kota Wisata, Legenda Wisata, Citra Grand, Raffles Hills dll.) untuk melakukan renovasi rumah (mengecat ulang, penggantian keramik, pemasanagn kanopi dll.).

Selain itu Renovasi Rumah Cibubur juga memberikan artikel yang bermanfaat berupa berbagai tips rumah yang sangat membantu bagi bapak maupun ibu rumah tangga. Ada juga informasi seputar Cibubur, sehingga pengguna akan dapat update berita terbaru di lingkungan mereka.

Saya melihat potensi jasa aplikasi untuk rumah tangga ini akan terus tumbuh, karena demand-nya memang ada serta tidak mengganggu penyedia jasa malah dapat meningkatkan omset mereka.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *