Wednesday, August 12, 2015

Sundar Pichai Menjadi CEO Baru Geogle Paska Restrukturisasi Perusahaan


Pendiri dan sekaligus CEO Google Larry Page, pada hari Senin kemarin, 10 Agustus 2015, mengumumkan perubahan struktur perusahaannya, mereka mendirikan Alphabet yang menjadi perusahaan induk yang membawahi Google dan beberapa perusahaan terpisah lainnya, serta menunjuk Sundar Pichai sebagai CEO baru Google.

Alphabet sebagai holding mempunyai tugas utama melakukan ekspansi dan eksplorasi bisnis lain yang terpisah dengan Google seperti Calico, Nest, Fiber, X Lab, Ventures, dan Capital. Restrukturisasi ini menjadikan Google lebih ramping sehingga tetap fokus pada peluang-peluang baru yang luar biasa yang dimiliki Google.

Dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin akan memimpin Alphabet. Larry Page menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Sergey Brin sebagai Presiden. Sedangkan Executive Chairman Google Eric Schmidt menempati posisi yang sama di Alphabet.

Menurut saya, ini langkah yang sangat tepat yang diambil oleh Larry Page dan Sergey Brin. Untuk memperluas bisnis-nya tanpa mengganggu core competence-nya. Asal jangan sampai Board of Director (BoD) Alphabet sebagai holding ikut terlibat masuk ke dalam operasional Google, seperti banyak terjadi pada perusahaan holding di Indonesia.






2 comments:

  1. Mantap..itu baru namanya profesional tingkat tinggi...

    ReplyDelete
  2. wah pembaca diajak masuk ke jajaran direksi sama artikel di atas nih, thx infonya pa :)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *