Thursday, January 22, 2015

Cara Install dan Menggunakan WhatsApp WA Web melalui Komputer PC atau Laptop

Tadi pulang dari kantor, sambil nonton televisi saya buka-buka Google+ dan mendapatkan informasi bahwa sekarang kita bisa melakukan chatting WA (WhatsApp) melalui browser web di Komputer PC dan Laptop. Langsung saya check ke blog-nya di WhatsApp.com, ternyata betul, hari ini WA meluncurkan layanan baru yaitu WhatsApp Web.

Saya langsung mencobanya, wah ternyata benar-benar asyik, kita bisa chatting WA melalui Komputer PC ataupun Laptop. Syarat utama agar bisa menggunakan layanan WhatsApp Web adalah Aplikasi WA di handphone atau ponsel harus sudah menggunakan software WhatsApp terbaru yaitu versi 2.11.498 dan browser di PC saat ini yang support adalah menggunakan Google Chrome.


Update Aplikasi WhatsApp di Ponsel

Berikut langkah-langkah atau cara yang saya lakukan untuk dapat menggunakan WhatsApp Web, dalam hal ini saya menggunakan HP Samsung S4 dengan sistem operasi Android:
  1. Upgrade apliasi WA di handphone dengan versi terbaru, caranya buka aplikasi Google Play, search keyword "WhatsApp", kemudian klik update.
  2. Setelah proses update aplikasi WA selesai, kemudian buka aplikasi WA dan klik atau buka menu, selanjutnya klik atau pilih WhatsApp Web, maka pemindai kode QR akan terbuka.
  3. Pada browser Google Chrome di PC atau Laptop, buka halaman https://web.whatsapp.com, maka kode QR akan terbuka, selanjutnya pindai kode tersebut dengan handphone pada point 2, maka aplikasi WA di ponsel akan langsung tersambung ke halaman site WhatsApp Web di browser.

Pada Menu di Aplikasi WA pilih WhatsApp Web

Tampilan WA di layar web terbagi dua, sebelah dengan lebar seperempat layar berisi daftar kontak WA yang sama persis dengan kontak WhatsApp yang ada di ponsel, dan tiga perempat layar sebelah kanan berisi riwayat percakapan.


Penindai atau Scan QR Code Ready

Menurut saya, hal ini langkah startegis yang bagus dari WhatsApp sehingga paling tidak bisa bersaing dengan Telegram, Google Hangout dan Yahoo Messenger, serta merupakan selangkah lebih maju dibandingkan pesaingnya BBM, WeChat dan Line.


QRCode Ready pada Browser Google Crome di PC

Namun kelemahan dibandingkan Google Hangout maupun YM, bahwa layanan WhatsApp Web akan berfungsi bila aplikasi WA pada handphone atau ponsel dalam kondisi aktif dan terkoneksi dengan internet. Selain itu saat ini hanya browser Google Chrome yang support dan aplikasi WA di sistem operasi iOS (iPhone) belum support WhatsApp Web.


WhatsApp Web Ready Digunakan

Dengan layanan baru ini, WhatsApp akan dapat jauh memimpin market aplikasi messenger dan meninggalkan BBM yang merupakan pesaing utamanya di Indonesia. 







4 comments:

  1. Terima kasih infonya, sudah berhasil Login wa di computer, memudahkan pekerjaan.

    ReplyDelete
  2. top banget dah, bisa whatsapp lewat komputer

    ReplyDelete
  3. Wah sangat memudahkan ada whatsapp di pc! Selain whatsapp, Line juga sudah bisa digunakan di pc/laptop. Btw makasih ya infonya..

    ReplyDelete
  4. Kemarin aku baru aja coba nih di PC. :D

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *