Saturday, December 13, 2014

Plasa.com Berubah Menjadi Blanja.com - Joint Venture Telkom dengan eBay

Sebetulnya saya ingin menulis tentang grand launching Blanja.com pada hari Senin lalu tanggal 8 Desember 2014 yang bersamaan dengan komersial 4G LTE Telkomsel. Namun karena keterbatasan waktu, maka baru kesampaian pada hari ini.

Blanja.com adalah brand baru dari layanan eCommerce Telkom yang sebelumnya bernama Plasa.com. Waktu itu eBay yang merupakan pemain eCommerce global yang terbilang sukses menjalin kerjasama dengan Metranet (Telkom Group) untuk mengembangkan UKM Indonesia untuk menjual produknya ke market global melalui salah satu channel di Plasa.com.

Seiring berjalannya waktu pada tahun 2012 eBay tertarik untuk serius masuk ke market Indonesia yang memiliki pengguna internet 62 juta pada waktu itu, sehingga sepakat bersama dengan Telkom mendirikan perusahan patungan atau Joint Venture (JV). Karena Metranet pada saat itu telah menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan bisnis Superportal, maka dibentuklah perusahaan baru yang bernama MetraPlasa.

Setelah berdiskusi panjang dan analisis yang mendalam terhadap pro dan kontra, maka disepakati nama Plasa.com diubah menjadi Blanja.com yang mengusung tag line "Jual Beli dan Belanja Online Aman, Mudah dan Menguntungkan.

MetraPlasa melakukan sinergi dengan anak perusahaan Telkom lainnya yaitu Telkomsel. Hadirnya Blanja.com akan memperkuat ekosistem digital Telkomsel, khususnya di bidang e-commerce dan m-commerce dan sekaligus melengkapi layanan digital (digital services) Telkomsel yang terdiri dari Digital Advertising, Digital Lifestyle, Digital Payment & Banking dan Digital SME Solutions.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *