Tuesday, June 24, 2014

Cara Monetise WiFi di Los Angeles International Airport (LAX) USA

Mumpung ada kesempatan menunggu pesawat yang akan take off lima jam lagi ke Phoenix Arizona, saya cari tempat di Waiting Room America Airline Los Angeles International Airport (LAX), alhamdulillah dapat meja dan kursi yang nyaman :-).

Seperti biasa, yang saya cari pertama landed di LAX adalah sinyal WiFi gratisan, maklum biaya data roaming masih mahal untuk kantong saya :-). Saya menemukan SSID LAX-WIFI. Langsung saya pilih koneksi SSID WiFi tersebut dengan HP Android.

Kemudian ketika kita akan mulai browse, dilarikan ke Captive Portal (Welcome Page). Ada dua pilihan untuk akses internet, yang pertama adalah Premium WiFi dan Complimentary Wifi. Namun bila mau lihat jadwal pesawat tidak perlu konek ke internet public (Local Content).

Welcome Page LAX-WiFi

Layanan Premium WiFi adalah berbayar, kita akan mendapatkan akses yang lebih cepat dan session yang lebih lama. Tarifnya untuk unlimited premium wifi di LAX dan juga wifi akses di hotel, coffee shop dan public area lainnya dikenakan $4.98 untuk tiga bulan pertama. Untuk yang ingin temporer satu jam dengan kecepatan akses premium $4.95, dan untuk lama waktu 24 jam dikenakan biaya $7.95. Bagi yang mempunyai account roaming seperti Boingo, Skype dan iPass juga bisa digunakan.

Free Access Wifi ditawarkan Ads Aplikasi

Untuk Complimentary Wifi, kita akan mendapatkan free akses dengan speed terbatas dan setiap kurang lebih setengah jam akan disconnect, kemudian bisa konek lagi. Sebelum konek internet kita akan disuguhi iklan ataupun ditawarkan install aplikasi.  Demikian juga bila akses Lap Top, ketika saya konek dengan pilihan complimentary ini, ada iklan dari Microsoft yang menyatakan bahwa free wifi access ini dipersembahkan oleh Bing.

Landing Page Free Wifi dengan Sponsor dari Microsoft Bing

Monetise WiFi di LAX ini sebagai salah satu contoh saja, banyak cara monetise lainnya yang dapat diimplementasikan di Indonesia, sebelumnya juga pernah saya posting di Blog ini yaitu Benchmark Metode Bayar WiFi di Seoul Korea. Semoga bermanfaat bagi pelaku bisnis WiFi :-).






9 comments:

  1. SPINcard cuma 5ribu, jauh lebih murah ya pak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooooo jd ini toh td tny 5dolar itu 50rb yak hihihi
      1:10 ya Pak *lohmalahnimpali

      Delete
    2. Betul Mbak lebih murah SPIN Card.

      Delete
  2. Alat bayar nya cuman ada 1 yah pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, wifi.id banyak. Namun untuk wifi roaming di LAX sudah ready. Wifi.id sedang dalam proses kerjasana wifi roaming.

      Delete
  3. Wah ternyata konsep kita sudah implented yah di AS, selamat mas Setyo ada di negri om Obama….!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roadmap plan wifi.id sudah betul Pak Yadi, tinggal kita kawal bersama implementasinya :-)

      Delete
  4. Spin yg komunitas lbh murah, cuma Rp 1000, bukan begitu pak.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *