Friday, February 21, 2014

Mengapa WhatsApp Dibeli Facebook dengan Harga Mahal

Pada tahun 2011 saya melakukan posting pada Blog ini dengan judul "WhatsApp - The Killer Application bagi BlackBerry Messenger (BBM)" dan hal tersebut benar-benar kejadian saat ini. Di Global Market BlackBerry Messenger dibuat tak berkutik oleh WhatsApp, kecuali di Indonesia, BBM masih perkasa :-).

Saat ini WhatsApp mempunyai 450 juta pengguna di dunia dan menambah 1 juta pengguna baru setiap harinya, hal yang sangat luar biasa. Dan saya prediksi akan terus tumbuh semakin besar karena didukung oleh penetrasi dari mobile devices atau smartphone.

Facebook sebagai penguasa Social Networking punya kepentingan yang besar dengan layanan messaging. Kita tahu bahwa aplikasi messaging di Facebook kurang begitu diminati. Padahal dalam era mobile, layanan tersebut sangat diperlukan.

Dengan membeli WhatsApp akan menjadikan Facebook mempunyai services yang komplit dan terbesar di era mobile ini yaitu Social Networking dan Messaging. Dan yang pasti customer based akan bertambah besar. Jika suatu layanan mempunyai customer yang besar dan loyal, akan semakin mudah untuk create revenue dengan berbagai cara monetizing.

Itulah sebabnya, Facebook berani membeli WhatsApp dengan nilai yang fantastik yaitu 19 milyar USD atau setara dengan Rp. 223 trilyun. Banyak pengamat investasi menyatakan hal tersebut over valued, namun saya pikir hal yang wajar dengan revenue yang akan didapatkan oleh Facebook di Era Mobile ini. Kita tunggu langkah selanjutnya yang akan diambil oleh Facebook co-founder and Chief Executive Officer Mark Zuckerberg.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *