Wednesday, December 18, 2013

Pemerintah Korea Mendukung Penuh Industri Content Melalui KOCCA dan SBA

Ketika saya naik Subway di Seoul saya perhatikan, sebagian besar penumpang asyik dengan gadget-nya masing-masing. Ketika saya lihat ternyata mereka sebagian sedang main game. Iklan di layar TV informasi dan Digital Signage di dalam Subway juga sebagian berisi iklan tentang online dan mobile game.

Dari Staff Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, saya mendapatkan informasi bahwa Pemerintah Korea sangat perhatian sekali terhadap industri content kreatif, tidak hanya industri musik-nya K-pop yang terkenal termasuk industri games juga sangat populer di dunia termasuk di Indonesia.

Untuk menumbuhkan industri content creative tersebut, Pemerintah Korea Selatan mendirikan KOCCA (Korean Creative Content Agency) dan SBA (Seoul Business Agency). Salah satu bidang yang dikawal oleh SBA adalah SGCC (Seoul Game Contents Center).

Iklan Mobile Games Netmarble di Stasiun Subway

Tugas utama dari KOCCA adalah mendukung kreasi dan pembuatan konten Korea yang meliputi movies, games, animation, music, cartoons, characters, mobile and television. Mereka melakukan promosi besar-besaran terhadap content Korea ke mancanegara.

Di Kantor Seoul Game Contents Center Seoul

Sedangkan SGCC fokus untuk mendukung industri games dengan memberikan pendanaan dan tempat atau building bagi Game Developer skala medium. SGCC juga mengadakan event-event internasional dan kunjungan ke berbagai negara untuk memperkenalkan Game yang dihasilkan kepada para Publisher.

Saya banyak menimba ilmu dan memperoleh experience yang sangat berarti tentang bagaimana menumbuhkan Industri Content terutama Games di Korea. Pemerintah Korea betul-betul mendukung secara penuh, tak heran content yang dihasilkan oleh Korea meledak di market lokal dan global.






3 comments:

  1. ini bisa dijadiakan inspirasi bagi kaum muda di tanah air, menjadi pembuat bukan sekedar mengggunakan.

    ReplyDelete
  2. Kapan Indonesia, jangan hanya sebagai pemakai, mana jagoan kita jangan mau kalah!

    ReplyDelete
  3. setuju, dan saya yakin game developer kita tidak kalah dengan Korea. Yang utama adalah Pemerintah harus mendukung industri kreatif, diberi wadah, danai dan ciptakan suasana yang kondusif serta mendukung. Saya yakin Inonesia mampu menjadi yang terdepan di industri kreatif.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *