Tuesday, December 10, 2013

Ekosistem Industri Game Online di Indonesia

Beberapa waktu yang lalu saya datang ke acara Jakarta Game Show 2013 dan sempat ikut Media Pers yang diselenggarakan oleh Penyelenggara event tersebut. Disampaikan dalam Media Pers tersebut bahwa market size industri games di Indonesia mencapai 1,5 trilyun IDR, angka yang fantastis yang menarik bagi perusahaan untuk terjun di dalamnya.

Kebetulan saya mendapatkan tugas dari Telkom untuk mendalami bisnis games online ini dan men-setup bisnis sehingga menjadi new revenue generator bagi Perusahaan, selama kurang lebih tiga bulan ke depan saya dan tim fokus explore industri Games di Indonesia dan Global terutama di Korea Selatan dan Jepang. Saya akan tinggal di Seoul dan Tokyo untuk beberapa saat.

Kalau ditelusuri lebih dalam komponen dalam ekosistem games adalah Developer pembuat games, Publisher yang mengoperasikan dan memasarkan games, Payment sebagai cara atau channel alat bayar dan Gamers pemain games.

Media Pers di Jakarta Game Show 2013

Untuk di Indonesia, jumlah Developer Games lokal mulai bermunculan antara lain Toge Production, Solite Studio, Agate Studio dan masih ada sekitar 25 developer lainnya. Untuk market publisher game di Indonesia masih dikuasi dari asing terutama oleh Perusahaan Korea yaitu Kreon, Lyto, Megaxus dan CJ.

Payment yang digunakan untuk topup wallet atau saldo games dapat menggunakan beberapa cara antara lain:

  1. Voucher Games: Netmarble Voucher, Game-On, UniPin, Indomog, MOL, I-Pay
  2. Voucher Pulsa: TelkomVoucher (uPoint), Smartfren
  3. Potong Pulsa: Telkomsel (uPoint), Flexi (uPoint), Axis, Esia
Dengan kekuatan di sisi Telco, Telkom sendiri akan fokus mengembangkan uPoint sebagai platform untuk payment digital content, termasuk games online. Saat ini uPoint sudah komersial untuk PC Games Online dan sedang dikembangkan untuk Mobile Games Online.

uPoint di Ajang Jakarta Game Show 2013

Untuk payment channel-nya sendiri selain Telkomsel, Flexi, Telkomvoucher yang available saat ini, uPoint kedepannya juga akan dapat menggunakan SPIN (Speedy Instan), T-Money dan tidak menutup kemungkinan bekerjasama dengan Penyedia Voucher yang ada di market dan Operator Telco atau ISP lainnya.

Untuk mendukung industri games di Indonesia, Telkom juga menyediakan peering connection bagi publisher agar Gamers merasakan kecepatan akses online games secara lebih cepat. Selain itu Telkom menawarkan platform Content Delivery Network (CDN) yang memungkian Gamers bisa men-download file aplikasi Games secara cepat.







0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *