Saturday, December 7, 2013

Benchmark Metode Bayar WiFi di Seoul Korea

Saat ini Telkom Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun WiFi dengan brand name "wifi.id", dengan target 1 juta Wifi. Menurut saya langkah tersebut sangat tepat, tinggal bagaimana strateginya untuk memonetize-nya supaya profit.

Langkah Telkom tersebut juga dilakukan oleh operator Telco besar di Korea Selatan yaitu Korea Telecom (KT) dan SK Telecom. Hal tersebut saya alami sendiri selama saya di Seoul untuk menjalankan tugas mengikuti Global Talent Program dari PT Telkom.

Produk WiFi dari KT dinamakan "olleh WiFi Zone", sedangkan WiFi SK Telecom diusung dengan nama "T wifi zone". Hampir di setiap sudut kota saya mendapatkan sinyal WiFi yang disediakan kedua operator tersebut.

Berbeda dengan wifi.id (Telkom Indonesia), yang langsung menggebrak dengan model paid dan free. KT dan SK Telecom hanya menawarkan paid services.

Pembayaran "olleh WiFi Zone" Menggunakan Kartu Kredit

Metode pembayaran dari olleh WiFi Zone adalah dengan KT WiFi Prepaid dan WiFi ID. KT WiFi Prepaid bisa dibeli di Convenience Stores semisal 7eleven, GS25 dll. Ada dua model  KT WiFi Prepaid yaitu Receipt type dan Card type. Sedangkan WiFi ID bisa diperoleh secara online melalui kartu kredit.

Untuk metode pembayaran T wifi zone, saat ini hanya menggunakan pembelian menggunakan Kartu Kredit.

Saat ini, saya masih berada di Seoul dan selalu mencoba coverage dari kedua operator Wifi tersebut. Yang saya perhatikan, covergae dari olleh WiFi Zone lebih banyak dibandingkan dengan T wifi zone. Terlebih lagi, KT WiFi Prepaid mudah diperoleh di Supermarket terdekat.

Pembayaran "T wifi zone" dengan Kartu Kredit

Inline dengan KT dan SK Telecom, PT. Telkom melalui Wifi.id juga telah melakukan hal yang sama dengan menjual Kartu Fisik (Card type) SPIN dan Telkom Voucher di Convenience Stores seperti Indomaret.

Selain itu juga, saat ini Telkom sedang melakukan initiate melakukan penjualan wifi.id Prepaid secara elektronik (Receipt type) bekerjasama dengan convenience store 7eleven dan juga penjualan secara online menggunakan pembayaran Kartu Kredit mealui website-nya espin.co.id.






1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *