Monday, October 7, 2013

Telkom Memberi Dana untuk Startup melalui Program Indigo Incubator

Dua minggu lalu saya diminta menjadi juri Indigo Incubator 2013. Indigo Incubator merupakan program apresiasi kepada startup/entrepreneur yang dinilai berhasil membuat ide, produk, maupun bisnis inovatif digital yang diinginkan pelanggan (‘right product’), serta mendorong tumbuhnya digitalpreneur baru dalam industri digital.

Selama dua hari saya dan teman-teman tim juri menilai sebanyak 13 startup yang lolos paper selection. Inovasi yang dinilai dibagi dalam dua kategori. Kategori Inovative product adalah produk yang telah terbukti disukai oleh pengguna namun belum teruji dari segi revenue/bisnis. Kategori kedua Inovative business adalah product yang telah terbukti disukai pasar dan teruji dapat mendatangkan revenue yang layak.


Program Indigo Incubator ini merupakan perpaduan dari program yang telah ada sebelumnya yaitu Indigo Fellowship –penghargaan bagi karya teknologi digital terbaik- dan program inkubator bisnis Bandung Digital Valley.

Salah Satu Peserta sedang Menyampaikan Paparan Inovasinya

Output yang diharapkan adalah terbentuknya sejumlah startup dengan karya kreatif digital yang telah teruji baik dari sisi pasar, produk maupun bisnisnya, sehingga siap untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi entitas bisnis dengan skala nasional atau bahkan global. Tema yang diusung Indigo Incubator 2013 adalah "Building Strong Digitalpreneur".

Suasana Penjurian Indigo Incubator 2013

Bagi pemenang akan mendapatkan berbagai macam dukungan dalam bentuk fasilitas, layanan dan pendanaan yang disediakan oleh Telkom. Dukungan pengembangan bisnis tersebut berupa seed capital hingga 250 juta per perusahaan startup dengan opsi pendanaan lanjutan bagi produk yang memiliki prospek bisnis yang sangat baik.

Tim Juri Indigo Incubator 2013

Telkom juga menyediakan tempat kerja yang bersifat co-working space dan telah dilengkapi oleh infrastruktur digital, server dan perangkat lain yang digunakan untuk pengembangan dan pengujian aplikasi, akses kepada platform teknis yang telah dimiliki oleh Telkom Group, mentorship atau pendampingan bisnis oleh professional yang telah teruji di bidangnya bekerjasama dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia).

Tidak berhenti disitu, Telkom juga menawarkan kerjasama strategis untuk memasarkan produk yang dikembangkan kepada 150 juta pelanggan Telkom di 10 negara.






1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *