Sunday, May 26, 2013

Cara Instal RSS Reader Feedly sebagai Pengganti Google Reader

Tanggal 1 Juli 2013 adalah hari terakhir beroperasinya Google Reader. Google telah memutuskan untuk mematikan layanan tersebut, karena dianggap kurang sukses, ditandai dengan semakin turunnya jumlah penggunanya. Total sudah ada sekitar 70 layanan Google yang ditutup sejak tahun 2011.

Saya termasuk pengguna setia Google Reader, hampir setiap hari saya membukanya, karena sangat efektif untuk mendapatkan informasi dari banyak website ataupun blog yang saya favoritkan. Cukup sedih juga saya dengan akan ditutupnya layanan tersebut. Siap-siap menghadapi waktu yang semakin dekat, kemarin saya serius googling untuk hunting pengganti Google Reader, akhirnya dapat yang saya harapkan, malah melebihi ekspektasi yaitu Feedly.

Saya sangat kesengsem dengan tampilannya, terutama di iPad. Cara pasangnya juga sangat mudah. Tinggal masuk ke Apps Store, search "Feedly", kemudian instal. Dan hebatnya lagi, hanya perlu satu langkah untuk menarik semua data saya di Google Reader, kita hanya diminta memasukkan username dan password account Google kita.

Tampilan Blog SetyoBudianto.com di Feedly menggunakan iPad

Begitu juga untuk instal di browser Firefox, kita masuk ke website-nya yaitu feedly.com kemudian instal plugin feedly, langsung deh kita bisa pakai, juga hanya dengan memasukkan account Google kita. Selain di Firefox, RSS Reader Feedly bisa dibuka juga pada browser Chrome dan Safari.

Tampilan Kumpulan Blog Favorit saya

Untuk versi mobile-nya selain mendukung Sistem Operasi iOS (iPad dan iPhone), juga dapat di temukan di Google Play yang berbasis Android. Namun saya baru mencoba di iPad, dan langsung jatuh hati pada tampilannya. Kita bisa atur tampilan sesuai dengan selera, bisa pilih Title Only, List View, Magazine View dan Cards View. Selamat mencoba :-).






4 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *