Monday, March 4, 2013

Perkembangan Fitur Sistem Operasi Google Android

Pertumbuhan pengguna ponsel berbasis Sistem Operasi Android sangat luar biasa, seperti yang pernah saya tulis di Blog ini sebelumnya, bahwa saat ini OS Android telah menguasai Market Share lebih dari 50%. Beberapa waktu lalu, saya menemukan informasi dari Kompas Cetak yang menulis tentang perkembangan Fitur OS Android dari berbagai versi. Berikut saya sarikan.

Android versi 1.5 (Cupcake), mampu merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube, serta upload gambar ke Picasa langsung dari ponsel. Setelah itu diluncurkan Android versi 1.6 (Donut) dengan kemampuan menampilkan proses pencarian yang lebih baikdibanding sebelumnya dan penggunaan bateri indikator.

Eclair adalah nama Sistem Operasi Android versi 2.0/2.1 yang mengoptimalkan hardware, peningkatan Google Map 3.1.2 dan penambahan dukungan flashuntuk kamera 3,2 MP. Pada versi 2.2 atau yang dikenal dengan nama Android Froyo (Frozen Yoghurt) mendukung Adobe Flash 10.1, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan Wi-Fi Hotspot portable, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market. Fitur fungsi copy paste dan dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC) dikenalkan pada Android versi 2.3 (Gingerbread).

Google juga mengeluarkan Sistem Operasi yang dikhususkan untuk Tablet yaitu pada versi 3.0/3.1 yang dikenal dengan nama Honeycomb. Pada versi ini, Android telah mendukung multiprosesor dan akselerasi hardware untuk grafis.

Membuka kunci dengan pengenalan wajah, merupakan salah satu fitur baru pada Android Ice Cream Sandwich (versi 4.0), selain itu juga dapat mencari email secara offline serta berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Versi terakhir saat ini adalah 4.1 (Jelly Bean), dengan fitur tambahan adalah update Google Now yang memungkinkan mengetahui informasi cuaca, lalu lintas ataupun hasil pertandingan olah raga.

Kabar yang beredar sebentar lagi Google akan merelease Sistem Operasi Android yang terbaru, yaitu Android versi 5.0 yang direncanakan akan diberi nama Key Lime Pie. Fitur baru apakah yang akan diusung? kita tunggu saja tanggal mainnya.






1 comment:

  1. Keren banget eclair bisa untuk Wi-Fi Hotspot portable. Blog nya konsisten banget dan memberikan informasi lengkap tentang produk digital terbaru.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *