Saturday, September 15, 2012

Kelebihan iPhone 5 Dibandingkan Pendahulunya

Dini hari tadi saya terima email dari Apple yang menginformasikan bahwa Pre Order iPhone 5 sudah bisa dilakukan pre-order melalui Apple Online Store, hal ini sesuai yang disampaikan oleh pihak Apple pada saat konferesi pers peluncuran produk tersebut yang diadakan di gedung Yerba Buena Center, San Francisco, AS, Rabu (11/9/2012).

Saya coba mencari informasi mengenai spesifikasi teknis iPhone 5, prosesornya menggunakan A6, katanya akan memberikan performansi grafis dan kecepatan lebih cepat dua kali dibandingkan prosesor A5 yang ada di iPhone 4S. Selain itu meskipun sama-sama menggunkan kamera dengan resolusi 8 MP, namun diklaim dapat menangkap gambar 40persen lebih cepat dibanding iPhone 4S.

Dari sisi dimensinya, iPhone 5 lebih tipis, lebih ringan dan lebih panjang. Ketebalan iPhone 5 hanya 0,3 inci (7,6mm), dangkan iPhone 4S memiliki ketebalan 0,37 inci. iPhone 5 juga lebih ringan dibandingkan iPhone 4S, yaitu sekitar 112gram. iPhone 5 lebih panjang, karena penggunaan layar 4 inci dengan rasio 16:9. Sebelumnya selama 5 tahun, jajaran produk iPhone generasi pertama hingga iPhone 4S selalu dibekali layar seluas 3,5 inci dengan aspek rasio 4:3.

Untuk jaringan pendukungnya, iPhone 5 sudah dilengkapi dengan koneksi broadband super cepat yaitu 4G LTE. Sayangnya Operator di Indonesia belum memberikan layanan LTE secara komersial, baru trial, entah kapan akan hadir layanan 4G, karena saat ini Pemerintah baru menata frekuensi untuk 3G.

iPhone 4 vs iPhone 5

Dari sisi baterai, iPhone 5 lebih tahan lama, dapat mendukung 8 jam talk time 3G, 8 jam browsing dengan koneksi 3G, 8 jam browsing dengan LTE, 10 jam browsing dengan WiFi, 10 jam untuk menonton video, 40 jam untuk mendengarkan musik, dan 225 jam waktu standby. Sistem Operasi yang digunakan yaitu iOS 6. Sistem Operasi Mobile ini hadir dengan aplikasi Apple Maps, Passbook, Siri yang lebih pintar, dan layanan FaceTime.

Kapan kira-kira iPhone 5 akan masuk ke Indonesia? iPhone 5 akan meluncur tanggal 21 September mendatang di 8 negara yaitu Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Hongkong, Jepang, Singapura, dan Inggris. Sebanyak 22 negara lainnya akan menyusul menerima iPhone 5 pada 28 September 2012, tetapi Indonesia tidak terlihat dalam daftar penerima iPhone 5 tersebut.

Apple sendiri meyakinkan bahwa iPhone 5 akan menjadi "perangkat yang paling cepat diluncurkan". Selain waktu-waktu yang sudah disebut di atas, pada 20 Oktober, iPhone 5 akan diluncurkan di 20 negara
tambahan.



Pada akhir tahun, menurut Apple, iPhone 5 seharusnya telah tersedia di 100 negara melalui 240 operator seluler. Sehingga kemungkinan besar, penggemar iPhone di Indonesia sudah dapat mencobanya. Di Singapore, harga iPhone 5 dibanderol sekitar Rp 7 juta, sehingga kemungkinan harganya di Indonesia berkisar Rp 8 juta.






1 comment:

  1. Smartphone yang satu ini memang lebih unggul iPhone 5 lebih dikenal dengan ketipisannya, daya tahan baterai sampai 8 jam, serta parosesor A6 dual core. tapi harganya wah.....wah....banget. sehingga iPhone 5 Gadget Impian saja.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *