Saturday, August 18, 2012

Red Zone Seluler di Jawa Timur

Meskipun saya sekarang tinggal di Jakarta tidak di Surabaya lagi, saya tetap mengamati perang antar operator seluler di Jawa Timur. Sebelum tahun 2008, Operator GSM menguasai market di Jawa Timur. Namun sejak tahun 2008 Operator CDMA khususnya TelkomFlexi menjadi market leader terutama di Kota Surabaya.

Untuk Madura, masih dikuasai oleh XL Axiata. Wilayah Madiun Area didominasi oleh Indosat. Sedangkan di Malang Area dan Jember Area tetap di pegang oleh Telkomsel. Esia yang kuat di Jakarta dan berusaha masuk ke Jawa Timur, ternyata belum bisa berbuat banyak.

XL Axiata pada awal Agustus ini membuat gebrakan, dengan menurunkan tarifnya sama dengan tarif CDMA khusus untuk penggunanya di Jawa Timur, dan kemungkinan langkah ini akan diikuti oleh Operator GSM lainnya, maka jadilah Jawa Timur bersimbah darah alias Red Zone :-)

Apa yang akan dilakukan penguasa market di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya? sebetulnya Flexi sudah antisipasi hal tersebut dengan mulai fokus mengembangkan layanan data yaitu EVDO, tapi kelihatannya belum sesukses yang diharapkan, amunisi lainnya yaitu menggelar layanan WiFi dengan brand wifi.id.








3 comments:

  1. Greetings! Very helpful advice in this particular post! It is the little changes that produce the biggest changes. Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  2. semoga wifi.id bisa segera digelar, sukses implementasi dan pemasarannya juga,, aamiin
    btw maaf lahir batin ya pak ;)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *