Wednesday, August 29, 2012

Dampak Kemenangan Apple atas Samsung

Pengadilan San Jose di Amerika pada tanggal 25 Agustus 2012, menyatakan bahwa Samsung dinilai melanggar beberapa paten milik Apple, yang mengakibatkan Samsung diminta oleh juri untuk membayar denda sebesar 1,051 miliar dollar AS (sekitar Rp 9,9 triliun). Dan rencananya pada sidang lanjutan tanggal 20 September 2012, Apple akan meminta agar AS melarang penjualan beberapa produk Samsung.

Keputusan itu banyak membawa dampak yang besar. Yang langsung terlihat adalah harga saham Apple langsung naik 1,8 persen atau 12 dollar AS menjadi 663,22 dolar. Selain itu juga merupakan pukulan bagi Google, karena Samsung menggunakan Sistem Operasi Android yang dikembangkan Google dan saat ini Google mulai menuai pendapatan iklan dari Android tersebut.

Kemenangan Apple atas Samsung juga akan dijadikan senjata bagi Apple untuk melawan perusahaan Androi lainnya seperti HTC dan Motorola. Apabila hal tersebut terjadi maka kerugian juga akan berdampak pada konsumen di AS, karena pilihan konsumen akan gadget semakin sedikit, inovasi berkurang dan harga akan semakin tinggi.

Berbeda dengan Google yang kecewa dengan kemenangan Apple atas Samsung tersebut, Microsoft menyambut gembira, karena Windows Phone akan mendapatkan angin segar dan bisa naik daun kembali. Kita tunggu saja siapa yang akan unggul Apple, Google atau Microsoft :-)









3 comments:

  1. Semoga hal ini tidak berimbas ke Jakarta, akrena saya termasuk penggemar samsung dengan android nya.

    ReplyDelete
  2. Apple Rules..

    Great Post

    ReplyDelete
  3. ini hanya melibatkan sebuah koneksi bila koneksi internet kita kencang pasti tidak ada masalah dengan aplikasi android dan google play yang selalu gratis

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *