Friday, April 13, 2012

Nilai Strategis Instagram bagi Facebook

Hari Senin lalu tanggal 9 April 2012, Facebook membeli Instagram senilai USD 1 miliar atau setara dengan Rp 9,1 triliun. Ini merupakan akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Facebook. Apa siih daya tarik dari Instagram sehingga Facebook cepat-cepat membelinya dengan nilai yang luar biasa pula.

Bagi yang belum tahu, Instagram adalah aplikasi photo-sharing yang dilengkapi dengan belasan filter untuk menambah efek-efek tertentu pada foto. Antarmuka-nya sangat simpel sehingga mudah digunakan, dan yang pasti sangat mudah juga untuk pamer foto ke teman-teman melalui Twitter dan Facebook.

Sehingga hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak diluncurkan bagi pengguna iOS, yang memakai Instagram sudah mencapai 30 juta orang. Dan hanya dalam tempo 6 hari sejak dirilis dalam versi Android, penggunanya bertambah 6 juta.

Facebook sebagai penyimpan foto yang terbesar merasa terancam, pasalnya sebagian besar pengguna Instagram lebih memilih sharing melalui Twitter. Didukung juga ketenaran Instagram di dunia mobile, bila diakusisi akan dapat memperkuat Facebook yang belum terlalu kuat di mobile.

Dan alasan utama kenapa Facebook buru-buru membeli Instagram adalah supaya tidak kedahuluan oleh kompetitornya terutama Google yang sudah berancang-ancang membelinya.






5 comments:

  1. Wuiiiih.... facebook kereen banget dananya ^_^

    ReplyDelete
  2. Saya menemukan pendekatan ini sangat inovatif dan saya yakin bahwa saya juga cukup efisien. Terima kasih atas informasi yang informatif dan berwawasan. Sesungguhnya aku; ly diperlukan untuk mendapatkan update dengan berita terbaru di bidang teknologi tinggi dunia.

    ReplyDelete
  3. mksh facebook yg telah berani membeli instagram keren walaupun hrganya selangit demi kepuasan anggota facebook.. i like facebook

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *