Wednesday, February 29, 2012

Luar Biasa Kecepatan Test LTE-Advanced mencapai 1,4 Gbps

Baru-baru ini Nokia Siemens Network mengumumkan hasil tes teknologi 4G LTE-Advenced. Hasilnya luar biasa kecepatan akses download-nya mencapai 1,4 Gbps. Sudah dapat dipastikan akan sangat nyaman sekali melihat video dengan high quality dan 3D sekalipun.

Tapi itu hasil tes dalam kondisi ideal, kalau real-nya di lapangan menurut pengalaman saya, perkiraan kecepatan download satu per sepuluh-nya dengan kondisi occupancy network normal. Jadi yaa sekitar 140 Mbps, masih sangat kenceeng banget untuk sekedar nonton film.

Teknologi 4G LTE-Advanced sendiri sudah dilakukan standarisasi oleh International Telecommunications Union (ITU) tepatnya dilakukan 3rd Generation Partnership Project (3GPP) pada bulan Maret 2011.

Standarisasi tersebut menyatakan bahwa dengan menggunakan 8x8 MIMO dan128 QAM serta 100MHz aggregated bandwidth, LTE-Advanced dapat memberikan layanan kecepatan download sampai 3,3 Gbps per sektor pada kondisi ideal. Luar biasa, kita tunggu saja implementasinya.






5 comments:

  1. wah perlu training LTE sepertinya ini :D

    ReplyDelete
  2. Nokia memang sukses dan reputasi perusahaan dan saya tidak terkejut itu hasil yang bagus.

    ReplyDelete
  3. 100MHz = 3,3Gbps; kepemilikan rata2 operator saat ini 10 MHz (10%); 10%nya = 330Mbps per sektoral msh sangat mencukupi.. :D

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas sharing-nya. salam

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *