Monday, December 5, 2011

Operator Melirik Bisnis Baru melalui Akses Wi-Fi

Sebelumnya saya sudah pernah bahas tentang Flexinet Hotspot di Blog ini, yang pada intinya TelkomFlexi memberikan nilai lebih bagi pelangggan Flexinet-nya, yang selain bisa menggunakan akses modem cdma, juga dengan menggunakan username dan password yang sama bisa akses Wi-Fi Hotspot yang telah disebar di berbagai titik area public maupun kampus.

Belum lama ini, Telkomsel juga mulai membangun titik-titik Wi-Fi Hotspot, yang dapat diakses oleh semua pelanggan Telkomsel, dengan cara tekan *363*601#. Setelah itu pelanggan akan dapat balasan berupa password, dan akan mendapatkan free akses Telkomsel Flash Hotspot selama 2 jam.

Benchmark dari Operator Global, Telkom Group melirik peluang bisnis tersebut dengan menggabungkan layanan Wi-Fi TelkomFlexi, Telkomsel dan Speedy menjadi satu, yang diberi nama Indonesia Wi-Fi. Telkom merencanakan akan membangun lebih dari satu juta titik Wi-Fi Hotspot.

XL juga tidak mau ketinggalan. Mulai membangun Wi-Fi Zone di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta dan nantinya terus akan dikembangkan. Cara registrasinya juga cukup simpel, hanya dengan melalui SMS. Free 30 menit pertama dan selanjutnya dikenakan biaya Rp 1.500 per 30 menit.

Saya kira ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan bagi Operator di Indonesia yang revenue dari Voice dan SMS mulai turun, karena hampir senua Gadget mempunyai fasilitas Wi-Fi dan masyarakat Indonesia saat ini sudah biasa menggunakan Wi-Fi untuk akses internet.

Menurut saya ke depan Operator memberikan akses Wi-Fi ini secara gratis saja. Untuk memonetasinya, bisa melalui iklan yang dipasang pada landing page maupun iklan pada saat pengguna browsing.






5 comments:

  1. Ini adalah berita benar-benar bagus untuk bisnis!

    ReplyDelete
  2. Interesting !! Wi-Fi is too good to start up with any connection to business.

    ReplyDelete
  3. is it practical to invest in smartphones?

    ReplyDelete
  4. Besar pengembangan portofolio bisnis kami! Saya senang.

    ReplyDelete
  5. tq atas inspirasi mudahan kami bisa usaha lebih berkembang lg

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *