Thursday, September 22, 2011

Nasib Yahoo Semakin Tertinggal dari Google

Mendengar berita lengsernya Carol Bartz dari jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO) Yahoo! beberapa minggu yang lalu, saya berusaha untuk mencari informasi ada apa sebenarnya dengan Yahoo! sehingga melakukan langkah tersebut.

Kalau kita perhatikan, Yahoo! melakukan pengembangan aplikasi salah satunya dengan Akuisisi. Namun kelihatannya Yahoo! kurang serius menggarap aplikasi yang telah diakuisisi, kita lihat saja case Flicker, kondisi saat ini tertinggal jauh dengan Facebook dan Instagram. Ada juga case yang dekat dengan kita yaitu Koprol yang pada awalnya sangat gencar dipromosikan, sekarang sudah tidak terdengar lagi kabarnya.

Begitu juga dengan Revenue yang diperoleh Yahoo! kalau jauh bila dibandingkan dengan Google. Revenue Yahoo tidak sampai 25% dari Revenue yang diperoleh Google. Google sangat sukses dengan program Pay per Click (PPC) dengan produknya Google Adsense.

Google vs Yahoo! Revenue

Begitu juga Market Share pengguna dari Search Engine. Menyimak report dari comScore, Pengguna Search Engine Yahoo! hanya sekitar 15,9 persen, jauh dibawah Google yang mempunyai pengguna 65,5%. Untuk lainnya Bing 14,1% sedangkan Ask 2,9% serta AOL 1,5%.

Saya kira Yahoo! harus segera berbenah, kalau tidak mau lenyap dari peredaran dunia Maya. Yahoo! masih kuat dengan News dan Email. Untuk itu, lebih baik mereka fokus untuk mengembangkan layanan News dan Email, sambil mencoba create layanan baru yang frontal dan menarik. Mari kita tunggu langkah Yahoo!






4 comments:

  1. Berbenah in English : improve or corrections for improving.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Truth be told a Yahoo can offer answers for an issues identified with PC and email accounts and the arrangements can be effortlessly gotten to by the clients by only a call. https://annasduncan.quora.com/How-to-Recover-Yahoo-Password

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *