Tuesday, September 13, 2011

Menunggu Implementasi 4G LTE yang Tak Kunjung Datang

Rasa kecewa mungkin saat ini dirasakan oleh Operator Telkomsel XL dan Indosat. Mereka telah melakukan uji coba teknologi wireless generasi keempat (4G) yaitu LTE dan melakukan planning untuk commercial launching. Namun dari sisi regulator, Pemerintah Indonesia belum memandang perlu untuk implementasi LTE di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Alasannya kenapa? informasi yang saya dapat adalah memberikan kesempatan kepada pemenang Tender WiMAX untuk deploy network, sehingga bisa bernafas mengembalikan cost yang telah dikeluarkan untuk bayar frekuensi, investai perangkat serta biaya operasional.

Sampai dengan sekarang, belum semua pemenang tender WiMAX menggelar jarinngannya karena masih menunggu perijinan dari regulator untuk dapat menggunakan teknologi WiMAX 16e yang berfitur mobility. Karena kalau tetap menggunakan yang 16d (fixed), dijamin tidak akan laku.

Menengok ke global market, hampir 75% operator di dunia akan melakukan roadmap network-nya ke LTE, so dapat dipastikan LTE akan lebih sukses dibandingkan WiMAX. Tentunya dengan market yang besar tersebut dapat menekan pabrikan terminal untuk menyediakan terminal berbasis LTE yang lebih murah.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *