Thursday, July 28, 2011

Kenapa Google Baru Sekarang Berniat Buka Kantor di Indonesia?

CEO Google Erich Schmidt, beberapa waktu lalu bertemu dengan Wakil Presiden Budiyono untuk menyampaikan keinginan Google untuk membuka Kantor di Indonesia. Langkah ini lebih lambat dibandingkan dengan Singapore dan Malaysia. Namun tidak mengapa, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Pengguna internet di Indonesia tumbuh dengan pesat dan saat ini sekitar 36 juta orang. Serta penetrasi Mobile di Indonesia juga termasuk yang tertinggi di Dunia. Ini merupakan pasar yang sangat potensial di mata Google. Google akan serius terjun langsung memasarkan produk-produknya di Indonesia, terutama Google AdWord dan Google App.

Lalu apa untungnya bagi Indonesia dengan akan bukanya Kantor Google di Indonesia? Of course, yang pertama, akan membuka lapangan baru bagi warga Indonesia. Google akan membantu Usaha Kecil Menengah di Indonesia (UKM) untuk lebih tampil di dunia internasional. Selain itu Google juga membantu dalam bidang keamanan komputer. Semua itu nantinya akan dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau MoU antara Pemerintah Indonesia dengan Google.

Namun masih ada kendala bagi Google untuk dapat secepatnya membuka Kantor di Indonesia, yaitu masalah infrastruktur, kelistrikan, dan regulasi. Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar AS untuk ASEAN David L. Carden. Tapi saya kira akan cepat teratasi, melihat komitmen Pemerintah Indonesia untuk membantu Google.






3 comments:

  1. UNtuk masalah keamanan ngk ada mas??
    soalnya keamanan data di indonesia sangat mengkawatrkn..

    ReplyDelete
  2. Betul juga Mas, Indonesia kan gudangnya ....

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *