Thursday, July 28, 2011

Bakrie Telecom akan Meluncurkan Layanan 4G Akhir Tahun 2011

Mendengar berita bahwa Bakrie Telecom akan meluncurkan layanan 4G pada akhir tahun 2011 membuat saya terkejut. Kok bisa yaa, padahal frekuensi yang dimiliki oleh Esia dan AHA hanya 5 Mhz pada frekuensi 800 Mhz. Ternyata mereka akan melakukan akuisisi terhadap perusahaan pemegang lisensi 4G.

Menurut saya, itu merupakan strategi yang tepat sekali. Kalau kita lihat saat ini, memang revenue dari Voice dan SMS cenderung menurun. Dan kebutuhan akses data semakin tumbuh cepat. Orang mulai senang menggunakan chatting daripada telpon langsung. Kebutuhan akan akses data yang stabil dan kecepatan semakin besar. Tentunya Operator yang bisa menyediakan "need" tersebut akan memenangkan persaingan.

Namun, saya masih belum tahu perusahaan apa yang akan diakuisisi oleh Bakrie, setahu saya Pemerintah Indonesia belum mengatur frekuensi untul layanan 4G, apalagi memberikan lisensinya ke Operator tertentu. Tapi mungkin orang-orang Bakrie lebih tahu akan kebijakan yang akan diambil oleh Regulator (Pemerintah). Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.






2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dalam pendapat saya bahwa adalah tepat strategi dan benar-benar akan menggantikan panggilan telepon langsung.


    Vacation

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *