Wednesday, June 29, 2011

Mobile Technology Roadmap

Beberapa waktu lalu saya sharing di acara-nya Fresh Surabaya. Materi yang saya bawakan adalah tentang perkembangan teknologi mobile yaitu "Mobile Technology Roadmap". Sudah sering saya membawakan tentang materi tersebut, namun karena pergerakan teknologi yang terus berkembang dengan cepat, ada saja yang baru.

Dulu sekitar tahun 2000-an, saya berkeliling dari satu universitas ke universitas lainnya, memperkenalkan teknologi CDMA, yang waktu itu masih menggunakan teknologi CDMA IS-95A yang termasuk ke Teknologi 2G, kemudian muncul teknologi CDMA IS-95B yang bersaing dengan GPRS GSM.

Dua kiblat teknologi CDMA dan GSM bersaing dan mempunyai roadmap sendiri-sendiri ke arah teknologi generasi ketiga (3G). Yang GSM mengadopsi HSPA, sedangkan yang CDMA ke arah CDMA EVDO. Dua-duanya sama bagusnya, namun di market Global, teknologi HSPA lebih menguasai pasar.

Bagaimana dengan di Indonesia? Sama market HSPA juga menguasai pasar di Indonesia karena didukung oleh sebagian besar operator yaitu Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Axis. Sedangkan CDMA EVDO mulai menggeliat juga setelah SmartFren dan Esia, Flexi sedang berancang-ancang mengusung teknologi tersebut.

Untuk next step yaitu teknologi generasi keempat (4G), ada dua teknologi yang akan diusung yaitu LTE dan WiMAX. Sebagian besar operator di Indonesia kelihatannya akan cenderung memilih LTE, karena di market Global, banyak Operator, Network Vendor dan Pabrikan Ponsel ramai-ramai support teknologi LTE. tersebut.






3 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *