Sunday, May 15, 2011

Kontes Adu Kecepatan Wireless Broadband

Siang itu, setelah menjadi pembicara di event Road Blog 2011 Blogilicious di UPN Veteran Surabaya, saya meluncur ke Hi-Tech Mall untuk menyaksikan adu kecepatan wireless broadband yang di-initiate oleh Management Building Hi-Tech Mall.

Sesampai di sana, sudah ramai pengunjung dan para operator menyiapkan dengan serius show case-nya masing-masing. Ada TelkomFlexi, Telkomsel, Smart, IM2, 3 (Tri), Ceria dan AHA. Masing-masing tampil dengan layar LCD untuk memudahkan menampilkan hasil test.

Adapun yang melaksanakan testing adalah dari APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet) Jatim, yang dipimpin langsung oleh Koordinatornya yaitu Noor Al Azam. Adapun cara pengetesannya adalah menggunakan aplikasi di www.speedtest.net, dengan cara pengukuran ping time dan throughput denga koneksi server Indonesia (Jakarta) dan Singapore.

Wah ramai sekali acara tersebut dan diliput oleh banyak media. Tim penguji mendatangi satu per satu show case operator dan melakukan uji coba, banyak sekali wartawan yang meliput, pengunjung juga berjubel melihat secara antusias.

Setelah semua melakukan pengetesan, pihak penyelenggara mengundang pers conference yang dihadiri oleh team testing, perwakilan operator dan para wartawan di sebuah Cafe.

Pers Conference

Pihak penyelenggara menyampaikan bahwa tujuan diadakan kontes adu kecepatan wireless broadband antar operator ini adalah sebagai upaya memberikan informasi ke publik mengenai layanan operator.

Keesokan harinya muncul berita di Jawa Pos, kebetulan saya memang berlangganan koran hanya Jawa Pos, mungkin masuk juga di media lainnya. Disebutkan di koran tersebut, bahwa dari hasil testing adu kecepatan, layanan TelkomFlexi menjadi yang terbaik.

Namun saya yakin, masing-masing operator tentu beruapaya untuk terus memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggannya terutama untuk layanan akses data, karena hampir semua operator saat ini ,erasakan turunnya revenue dari voice dan sms.






7 comments:

  1. wah sayang g bisa lihat langsung acaranya
    Moga2 flexi makin berjaya dengan EVDO nya pak..

    ReplyDelete
  2. Dengan adanya kontes kecepatan terbuka ini, membuat sebagai pemakai diuntungkan! Tentunya yang kalah perusaha meningkatkan kecepatannya...dan hasil positif yang kita nantikan.

    ReplyDelete
  3. @Mas Hardian: Terima kasih Mas Hardian

    ReplyDelete
  4. Adapun yang melaksanakan testing adalah dari APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet) Jatim, yang dipimpin langsung oleh Koordinatornya yaitu Noor Al Azam. Adapun cara pengetesannya adalah menggunakan aplikasi di www.speedtest.net, dengan cara pengukuran ping time dan throughput denga koneksi server Indonesia (Jakarta) dan Singapore.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *