Wednesday, May 18, 2011

Definisi Mobile Blogging dan Implementasinya

Road Blog 2011 yang diselenggarakan oleh idblogNetwork akan diadakan di 7 kota besar Indonesia, yaitu Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Jogyakarta, Bandung dan Jakarta. Surabaya menjadi kota pertama dan mengambil tempat di UPN. Saya mendapat tugas sharing tentang Mobile Blogging.

Definisi dari Mobile Blogging secara sederhana adalah aktifitas update Blog menggunakan mobile phone. Definisi update adalah dapat melakukan posting, bahkan memungkinkan juga melakukan moderate comment, membuat pages dan melihat statistik.

Ada empat komponen yang harus ada dalam mobile blogging yaitu mobile phone, akses internet, aplikasi dan content. Secara singkat ke empat komponen tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Mobile phone sudah mengalami perubahan besar yang semula hanya dipakai untuk melakukan panggilan voice kemudian sms dan saat ini banyak digunakan untuk akses data. Sistem operasi untuk mobile juga bervariasi ada iOS, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile dan Android. Saat ini Android yang tumbuh dengan pesat dan menguasai 33% market Mobile OS.

Peserta Seminar Road Blog 2011 Blogilicious di UPN Surabaya

Spesifikasi mobile phone yang cocok untuk mobile blogging adalah yang memiliki:
  • Data Mobile Network (GPRS, CDMA 1X, EDGE, EVDO, HSPA, LTE, WiMAX)
  • Wi-Fi (optional)
  • Applications (Email, Browser, WordPress for Mobile)
  • Camera (optional)

Teknologi akses internet untuk mobile semakin berkembang, dari yang kecepatan rendah 2G sampai broadband access yang akan dideploy beberapa tahun kedepan yaitu 4G. Saat ini yang sedang ngetrend di Indonesia adalah teknologi 3G yaitu HSPA dan CDMA EVDO.

Namun untuk keperluan mobile blogging yang perlu dipertimbangkan adalah coverage layanan suatu operator, harga akses data dan Teknologi jaringan operator (CDMA 2000 1X, GPRS, EDGE, EVDO, HSPA, Wi-Fi, LTE, WiMAX). Apabila mobile blogging hanya untuk text dan gambar, cukup dengan teknologi GPRS, EDGE dan CDMA 2000 1X. Dan bila ingin upload video silahkan pilih teknologi EVDO, HSPA ataupun kombinasi dengan Wi-Fi.

Platform Blogging yang banyak digunakan adalah WordPress dan Blogspot. Kedua platform tersebut bisa menerima update blog melalui aplikasi email. Sedangkan untuk WordPress bisa menggunkan aplikasi WordPress for Mobile (Android, iOS, BlackBerry, Symbian dan Windows Phone 7).

Presentasi Mobile Blogging

Komponen terakhir dan sangat penting dari Mobile Blogging adalah content atau isi postingan. Ciri khas utama dari Mobile Blogging adalah menampilkan ide atau kejadian secara real time, sehingga terlihat content Mobile Blogging selalu fresh, namun bahasannya tidak dalam, sebagai contoh aktifitas Mobile Blogging yang saya lakukan dapat diliihat di mobile.setyobudianto.com.

So cukup mudah dan simpel untuk melakukan aktifitas Mobile Blogging, dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan asalkan dicover oleh mobile network. Secara lengkap dan detil, materi presentasi saya tentang Mobile Blogging dapat di-download di sini. [Terima kasih untuk Mas Amril dan Mas Arief atas foto-nya].






18 comments:

  1. Pak setyo,, masih ingat saya?? pak,, saya kemarin pas bapak ngasi materi gak datang.. mohon ijin download materinya ya pak??

    ReplyDelete
  2. Yay ada Rusa, berbaju merah lagi :D

    ReplyDelete
  3. Ponsel saya belum support untuk mobile blogging. :(

    ReplyDelete
  4. Bila ponsel tersebut bisa unttuk browsing dan kirim email sudah cukup untuk mobile blogging.

    ReplyDelete
  5. hapenya sih sudah bisa, orangnya yang belum bisa kliatannya saia... :D

    ReplyDelete
  6. Kutunggu EVDO nya Bos....
    Andoid ku siap menanti.....

    ReplyDelete
  7. Salam kenal mas budi.

    Saya sangat tertarik dengan mobile blogging, satu hal yang ingin saya tanyakan, bagaimana menjadikan blog kita bisa diakses lewat hp dan tidak menimbulkan loading yang super berat ?

    ReplyDelete
  8. @Mas Arief: siiip
    @Mas Ismail: kalau blog pakai wordpress, secara otomatis kalau diakses dari mobile phone, secara default akan menampilkan versi mobile.

    Kalau menggunakan platform blogspot ada setting-nya pada dashboard blogger.com pada menu Email & Mobile.

    ReplyDelete
  9. memang ga bisa dielakkan lagi pergeseran trend ke arah mobile blogging.

    Aku sendiri menggunakan smartphone kalau perlu ngeblog secara realtime dan mendesak. Baru kalau ada kesempatan dirapikan lagi postingannya. Entah nambah gambar atau apa.

    Tapi dari sisi kita sebagai pemilik blog mungkin perlu mempermudah juga. Seperti halnya wordpress yang menyediakan plugin untuk tampilan mobile blog. Sehingga untuk mereka yang masih menggunakan gadget tidak terlalu canggih masih bisa menikmati blog kita.

    ReplyDelete
  10. @Mas Arief Maulana: betul sekali Mas, mobile blogging sangat membantu kita untuk update blog secara real time.

    Sebagai tambahan untuk tampilan blog wordpress ketika diakses dari mobile device, selain default dari wordpress, juga bisa diatur menggunakan plugin WordPress Mobile Edition atau WordPress Mobile Pack, silahkan googling untuk mendapatkan link-nya.

    Tmks

    ReplyDelete
  11. Ijin download. .penting beratt komandan ! :D

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mas atas tipsnya...benar sekali mobile blogging sungguh sangat mudah dan membantu

    ReplyDelete
  13. manteb mas ilmunya.. saya tak mencoba belajar yaa... :D terimakasih atas sharing ilmunya

    ReplyDelete
  14. Ijin unduh materi presentasinya ya

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *